Kompas TV regional berita daerah

Warga di Jember Kecewa 2 Kali Haji Ditunda, Sudah Menunggu 11 Tahun Lebih

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 14:37 WIB
Penulis : Reny Mardika

JEMBER, KOMPAS.TV - Rasa kecewa dan sedih terpancar dari wajah Heni Sundari, warga Desa Pancakarya, Kecamatan Ajung, Jember, Jawa Timur.

Wanita berusia 59 tahun yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar ini untuk kedua kalinya gagal pergi ke tanah suci setelah pemerintah membatalkan keberangkatan haji tahun 2021.

Padahal Heni sudah menabung selama kurang lebih 11 tahun untuk melunasi ongkos naik haji sebesar 37 juta rupiah hingga akhirnya mendapatkan kuota keberangkatan haji.

Berbagai persyaratan administrasi juga telah dilengkapi termasuk vaksinasi Covid-19.

Bagi Heni, ini menjadi pukulan telak mengingat usianya yang sudah tak muda lagi.

Selain persyaratan administrasi, seluruh jemaah calon haji di Jember, Jawa Timur, telah mengikuti serangkaian persiapan lainnya diantaranya latihan manasik haji.

Berdasarkan data kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, Jawa Timur, terdapat sebanyak 1.822 jemaah calon haji asal Jember yang tertunda keberangkatannya.

Pemerintah menegaskan pengelolaan dana haji dipastikan aman. 

Menurut Menko PMK, Muhadjir Effendi belakangan ini beredar kabar tidak benar soal dana haji 150 triliun rupiah yang telah disetorkan.

Muhadjir meminta masyarakat mengerti atas keputusan pemerintah yang tidak memberangkatkan haji demi kesehatan dan keselamatan bersama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x