Kompas TV video cerita indonesia

Prabowo Ceritakan Sejarah di Balik Patung Bung Karno Menunggang Kuda

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 12:45 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno naik kuda di Lapangan Bela Negara, Kemenhan, Minggu (6/6/2021). 

Dalam pidatonya, Prabowo mengungkap sejarah di balik patung Bung Karno naik kuda yang dipilih kementeriannya. Menurut Prabowo, patung Soekarno terinspirasi dari kejadian di 5 Oktober 1946.

Saat itu, sebagai panglima tertinggi angkatan perang, Bung Karno menjadi inspektur upacara. Para pemimpin tentara saat itu meminta Bung Karno melakukan inspeksi pasukan dengan naik kuda.

“Patung ini adalah ketika Presiden Soekarno sebagai Panglima Tertinggi kita yang pertama pada Hari Angkatan Perang yang pertama yaitu 5 Oktober 1946 di Yogyakarta, menjadi inspektur upacara,” ujar Prabowo saat menyampaikan sambutan, Minggu (6/6/2021).

Prabowo menegaskan patung Bung Karno ini merupakan bentuk penghormatan, bukan pengultusan individu.

"Ini bukan bagian dari kultus individu, bukan memuja-muja sejarah masa lalu, tapi ini adalah pewarisan nilai-nilai kebangsaan. Generasi muda harus mengerti dan sadar darimana kita berasal, kita tak serta merta mendapat hadiah kemerdekaan, namun kemerdekaan itu direbut dengan darah, keringat, dan air mata," kata Prabowo.

Video editor: Agung

Baca Juga: Banyak Alutsista yang Sudah Tua, Prabowo Tegaskan Kebutuhan Mendesak Pembelian Alutsista



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x