Kompas TV kuliner cerita rasa

Daftar Kuliner Olahan Ikan Nusantara yang Maknyus

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 02:10 WIB
daftar-kuliner-olahan-ikan-nusantara-yang-maknyus
Ilstrasi, Kuliner Olahan Ikan Indonesia (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Membahas tentang kuliner di Indonesia memang tidak ada habisnya. Setiap daerah di penjuru Nusantara memunyai masakan khasnya masing-masing.

Jika mengingat acara wisata kuliner yang dibawakan oleh Alm Bondan Winarno tentu semakin membuat kita ingin mencoba berbagai makanan khas Indonesia.

Jargon “maknyuss” dan “top markotop”-nya  sangat lekat dengan pakar kuliner Indonesia tersebut. Berikut daftar beberapa kuliner berbahan dasar ikan khas Indonesia.

Ikan Kedondong

Ikan Kedondong adalah salah satu  menu masakan tradisional khas Ambon. Masakan ini memakai ikan tuna atau jenis ikan lainnya yang dicampur dengan daun kedondong.

Selain itu, masakan ini juga banyak menggunakan bumbu rempah-rempah serta daun lemon. Menu pendamping ikan kedondong ini biasanya dengan sayur bunga pepaya yang dimasak dengan kenari. 

Pindang Patin

Pindang Patin ini merupakan makanan khas Palembang. Namun, bahan utamanya tidak harus menggunakan ikan patin,  bisa juga dari daging sapi.

Masakan ini juga menggunakan nanas untuk menambahkan rasa asam, atau bisa juga memakai tomat muda.

Ada juga jenis lain dari masakan pindang dengan kuah yang kental karena memakai tempoyak atau durian yang diferementasikan.

Gangan

Gangan merupakan masakan khas pulau Belitung yang berbahan dasar ikan. Gangan adalah sejenis sup ikan yang mempunyai rasa istimewa.

Ada Perpaduan rasa asam dan pedas kuah kuningnya sangat segar di lidah. Daging ikannya yang juga gurih menambah rasa masakan yang sedap.

Ikan Woku Belanga

Ikan Woku Belanga ini berasal dari Manado yang dimasak dengan bumbu woku atau campuran bumbu rempah-rempah dan dimasak dalam belanga atau periuk. Bahan utamanya bisa dari kakap, cumi, udang, atau ayam.

Itulah beberapa daftar kuliner khas Nusantara yang patut untuk dicoba.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.