Kompas TV nasional gaya hidup

Hati-Hati, Ini 6 Ciri Teman Kencan dan Pacar yang Dapat Bahayakan Hidupmu

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 21:14 WIB
hati-hati-ini-6-ciri-teman-kencan-dan-pacar-yang-dapat-bahayakan-hidupmu
Ilustrasi kekerasan dalam hubungan asmara atau rumah tangga. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Semua orang barangkali mendambakan belahan jiwa yang dapat mendampingi seumur hidup saat mulai mengenal seseorang yang menarik. Namun, harapan mendapat kekasih tak selalu sejalan dengan kenyataan.

Hal ini berkaca dari berbagai berita yang menghiasi media massa. Ada kisah orang yang tak terima ditinggalkan hingga menyebarkan gambar intim mantan pacarnya.

Bahkan, ada pula kisah pembunuh berantai yang beraksi dengan modus mengajak kencan.

Baca Juga: Pesan Whatsapp Tidak Dibalas, Pria Sebar Video Bugil Pacar

Di luar itu, kita pun mengenal toxic relationship atau hubungan beracun. Istilah dari pakar psikologi Dr Lilian Glass ini menggambarkan hubungan asmara yang justru saling menjatuhkan.

Hubungan beracun juga terjadi saat tak ada keinginan mendukung keinginan atau menghormati satu sama lain.

Dunia psikologi juga mengenal istilah Anti Social Personality Disorder atau kerap dikenal sebagai antisosial. 

Istilah antisosial kerap disalahpahami. Padahal gangguan kepribadian ini berbahaya. Orang akrab dengan gangguan kepribadian dalam kata populer “psikopat” atau “sosiopat”.

Melansir Healthline, setidaknya 3 persen laki-laki dan 1 persen perempuan mengidap antisosial sesuai sebuah laporan penelitian pada 2001.

Lalu, seperti apa ciri orang antisosial yang mungkin saja menjadi teman kencan atau pacarmu? Berikut ciri teman kencan berbahaya pengidap antisosial, dikutip dari Healthline:

1. Kekurangan Empati

Orang penderita antisosial kerap menanggapi perasaan orang dengan dingin, tidak berperasaan, kasar atau bahkan kerap mencela.

Baca Juga: Mengenal Antisosial atau Ansos, Gangguan Kepribadian Berbahaya yang Salah Dipahami

Orang antisosial tak menyadari tindakan mereka ini menyakiti orang lain. Bahkan, ada pula yang tidak peduli tindakannya menyakiti orang.

2. Tak Peduli Benar atau Salah

Penderita antisisosial kerap mengabaikan aturan atau hukum. Sebab itu, mereka dapat sering berbohong, berselingkuh, mencuri, terlibat dalam masalah hukum hingga masuk penjara berkali-kali.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.