Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Kemenhub Gandeng Swasta untuk Optimalkan Pelabuhan Rembang, Nilai Sewa Mencapai Rp1,642 Milliar

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 20:45 WIB
kemenhub-gandeng-swasta-untuk-optimalkan-pelabuhan-rembang-nilai-sewa-mencapai-rp1-642-milliar
Ilustrasi pelabuhan. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kementerian Perhubungan menggandeng PT Heksa Energi Mitraniaga untuk mengoptimalkan penggunaan fasilitas Pelabuhan Sluke Rembang, Jawa Tengah. Kerja sama tersebut berupa Kerja Sama Sewa sebagian Dermaga APBN Pelabuhan Sluke Rembang.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Rembang Fery Agus Satrio dengan Direktur PT Heksa Energi Mitraniaga Faizal Al Fariz di Kantor PT Heksa Energi Mitraniaga, Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Terkait hal itu, Fery menjelaskan, pelaksanaan kerja sama pemanfaatan sebagian Dermaga APBN Pelabuhan Sluke Rembang ini ditujukan untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan barang milik negara, berupa sebagian dermaga yang sedang tidak digunakan dalam penyelenggaraan kegiatan kepelabuhanan.

”Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan elpiji serta meningkatkan dan menambah pendapatan ke negara melalui penerimaan negara bukan pajak atau PNBP,” kata Fery, dilansir dari Kompas.id.

Menurut Fery, penandatanganan kerja sama sewa sebagian dermaga Pelabuhan Sluke Rembang ini merupakan wujud sinergi antara Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Rembang dan pihak swasta.

Baca Juga: Kemenhub Bagikan Masker dan Sembako Untuk Pekerja Transportasi

”Perjanjian kerja sama sewa sebagian Dermaga APBN Pelabuhan Sluke Rembang berlaku untuk jangka waktu tiga tahun dengan nilai sewa sebesar Rp1,642 milliar,” terangnya.

Diharapkan Pelabuhan Sluke Rembang ke depan dapat memberikan nilai manfaat yang besar, baik kepada masyarakat maupun negara. Kerja sama itu juga diharapkan dapat menjadikan Rembang, selain sebagai kota santri, juga kota maritim yang berkembang, maju, serta dinamis.

Adapun, Faizal Al Fariz mengatakan, perjanjian kerja sama itu merupakan upaya PT Heksa Energi Mitraniaga I untuk mendukung Kementerian Perhubungan, khususnya Kantor UPP Kelas III Rembang, untuk mengoptimalkan fasilitas Pelabuhan Sluke Rembang serta meningkatan pendapatan melalui PNBP.

Kerja sama yang terjalin antara pemerintah dan swasta ini sudah sejalan dengan kebijakan Presiden melalui Menteri Perhubungan untuk terus mendorong sektor perekonomian di berbagai daerah, melalui pengembangan dan pemanfaatan infrastruktur sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Pengelola Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Terapkan Prokes Ketat Pasca Bersandarnya Kapal dari India

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x