Kompas TV kuliner cerita rasa

7 Kuliner Ekstrem Korea Selatan yang Terlihat Horor tapi Bergizi

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 18:26 WIB
7-kuliner-ekstrem-korea-selatan-yang-terlihat-horor-tapi-bergizi
Kuliner ekstrim dari Korea Selatan, Sannakji. (Sumber: koreaboo.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korea Selatan, selain dikenal dari budaya K-Popnya, negara tersebut juga terkenal dari kuliner-kulinernya.

Apalagi beberapa kulinernya yang menyajikan hidangan tak lazim atau ekstrem baik dari bahan maupun pengolahannya. Inilah beberapa makanan yang tidak lazim tersebut.

Beondegi (Larva Ulat Sutera)

Beondegi adalah jajanan kaki lima (streetfood) Korea dari kepompong ulat sutra yang direbus atau dikukus dalam panci besar.

Salah satu alasan mengapa mereka suka sekali dengan makanan satu ini karena kandungan proteinnya. Selain itu, untuk orang Korea cita rasa dari kepompong ini sangat cocok untuk teman minuman beralkohol.

Dotorimuk

Kuliner Korea Selatan, Dotorimuk. (Sumber: maangchi.com)

Dotori dalam bahasa Korea adalah Biji pohon ek yang dikenal beracun. Namun, toksin atau racun di dalamnya bisa dihilangkan dengan memasaknya secara benar.

Masyarakat Korsel yang tinggal di pegunungan menemukan biji pohon ek dapat dimasak dengan menambahkan tepung kanji. Oleh karena itu, makanan ini berbentuk seperti agar-agar dengan tekstur sangat halus dan rasanya sedikit pahit.

Bila dibumbui dengan saus dan sayuran akan menjadi lauk yang enak. Dotorimuk juga mempunyai manfaat untuk membersihkan racun dalam tubuh manusia, dapat menghilangkan rasa lelah, dan mabuk, juga karena mempunyai kalori rendah sehingga baik untuk diet.

Baca Juga: Kuliner Sate Languan Legendaris di Jembrana, Berjualan Sejak Jaman Jepang!

Sannakji (Gurita Hidup)

Kuliner ini banyak ditampilkan dalam video mukbangers Korsel. Salah satu yang sempat heboh adalah mukbangers bernama Ssoyoung.

Gurita ini biasanya diambil langsung dari air, dan dipotong kecil-kecil. Ini adalah satu-satunya hidangan dalam daftar yang disertai peringatan bahaya karena disantap dalam keadaan mentah.

Dalam gurita ini terdapat penghisap yang terus berfungsi bahkan saat dipotong, jadi harus dikunyah dengan sangat hati-hati. Bahkan, ada sejumlah kematian akibat makan Sannakji karena gurita berhasil menyedot tenggorokan seseorang.

Soondae (Sosis Darah)



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x