Kompas TV nasional peristiwa

Daftar Daerah yang akan Dilintasi Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021, Indonesia Termasuk?

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 15:47 WIB
daftar-daerah-yang-akan-dilintasi-gerhana-matahari-cincin-10-juni-2021-indonesia-termasuk
Bulan bergerak di depan Matahari saat berlangsungnya gerhana matahari cincin, saat dilihat dari Banda Aceh, Aceh, Kamis (26/12/2019). (Sumber: AFP/CHAIDEER MAHYUDDIN)
Penulis : Gading Persada | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada 10 Juni 2021 pekan depan, fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) dan fase bulan baru akan terjadi.

Sejumlah negara di dunia akan mengalami dan warganya dapat menyaksikan fenomena Gerhana Matahari Cincin ini. Apakah Indonesia termasuk di dalamnya?

Seperti dilansir dari laman LAPAN, Gerhana Matahari Cincin dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta Kawasan Siberia (Rusia) dengan ketampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43 WIB.

Sementara itu, wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara Asia Tengah, dan China bagian Barat dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.

Baca Juga: Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Bali

Bagaimana dengan Indonesia?

Andi Pangerang, peneliti di Pussainsa LAPAN mengatakan, Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni 2021 nanti ternyata tidak bisa disaksikan dari Indonesia.

"Gerhana Matahari Cincin kali ini tidak bisa disaksikan di Indonesia. Bahkan, tidak mengalami Gerhana Matahari sebagian juga," kata Andi dikutip dari Kompas.com, Sabtu (5/6/2021).

Mengapa hal itu bisa terjadi? Menurutnya, wilayah di Indonesia tidak bisa menyaksikan karena bayangan penumbra bulan yang jatuh di permukaan bumi tidak melalui Indonesia.

Ia mengatakan, saat fenomena itu terjadi Indonesia tidak terkena bayangan penumbra bulan, maka bulan tidak akan menutupi matahari.

"Sehingga, matahari akan terlihat sebagaimana biasanya ketika tidak terjadi gerhana," kata dia.

Andi menjelaskan, di dalam astronomi ada elongasi atau separasi (sudut pisah).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.