Kompas TV internasional kompas dunia

Sky Pool: Kolam Renang Transparan yang Membentang Sepanjang 15 Meter di Antara Dua Gedung

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 14:01 WIB
sky-pool-kolam-renang-transparan-yang-membentang-sepanjang-15-meter-di-antara-dua-gedung
Sky Pool membentang di antara dua gedung yang berada di Embassy Gardens, Battersea, London. (Sumber: AFP/JUSTIN TALLIS)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Eddward S Kennedy

LONDON, KOMPAS.TV - Sebuah jembatan berupa kolam renang transparan telah hadir menambah panorama Kota London, khususnya di kawasan Embassy Gardens, Battersea.

Sky Pool, demikian jembatan tersebut dinamakan, membentang sepanjang 15 meter di antara dua gedung milik pengembang EcoWorld Ballymore.

Sehingga memungkinkan perenang yang ada di dalamnya untuk menikmati pemandangan dari ketinggian 35 meter di atas permukaan tanah.

Melansir Dezeen, Jumat (4/6/2021), biro arsitek HAL mengaku ingin menghadirkan sensasi berenang yang lebih menyenangkan dan lain daripada yang lain lewat Sky Pool yang dirancangnya ini.

Baca Juga: NoMad London, Hotel Hasil Perombakan Gedung Pengadilan

"Kami ingin menghasilkan jembatan yang dapat digunakan untuk berenang di antara dua bangunan, untuk lebih memanfaatkan pemandangan London yang fantastis," jelas pendiri HAL, Hal Currey.

Menggandeng insinyur struktural, Eckersley O'Callaghan, HAL ingin membuat struktur yang sepenuhnya transparan.

"Tujuannya adalah untuk menjaga desainnya tetap sederhana. Kami ingin tampil setransparan mungkin dan semudah mungkin," kata Currey.

"Dengan minimnya struktur yang terlihat akan memberikan sentuhan magis pada Sky Pool berupa rasa drama untuk perenang dan orang-orang yang melihatnya," imbuh Currey.

Baca Juga: Vancouver House, Gedung Tinggi Terbaik Tahun 2021 Versi CTBUH

Meski begitu, Currey menuturkan, desain awal Sky Pool sebelumnya sempat menggabungkan struktur kaca dan baja, sehingga menghasilkan struktur yang terlalu banyak elemen padatnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x