Kompas TV regional peristiwa

Peringati HLH Sedunia, Wali Kota Bobby Soroti Persoalan Banjir

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 10:42 WIB
peringati-hlh-sedunia-wali-kota-bobby-soroti-persoalan-banjir
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama TP-PKK Kota Medan Kahiyang Ayu saat mengunjungi Hutan Kota Kanal Jalan Eka Sama, Medan Johor dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia pada 5 Mei, Jumat (4/6/2021). (Sumber: Dok. Humas Pemkot Medan)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Fadhilah

MEDAN, KOMPAS.TV – Memeringati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia, Sabtu (5/6/2021), Wali Kota Medan Bobby Nasution melakukan kunjungan ke Hutan Kota Kanal Jalan Eka Sama, Medan Johor, Sumatera Utara.

Bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Medan, Kahiyang Ayu, Bobby akan melakukan penanaman bibit pohon dan penaburan benih ikan.

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (Kopasude) tersebut, Bobby meminta karung goni berisi tanah yang ada di kawasan hutan kota itu untuk dimanfaatkan menjadi tanggul pencegah banjir.

Baca Juga: Puluhan Warganya Terpapar Covid-19, Bobby Isolasi Kecamatan Medan Johor dan Medan Selayang

Instruksi tersebut, utamanya, Bobby tujukan kepada Camat Medan Johor, Zulfakhri Ahmadi. Hal ini lantaran wilayahnya termasuk kawasan yang rentan terjadi banjir.

“Saya minta, seluruh tumpukan karung goni berisi tanah dibersihkan dari kawasan hutan kota ini,” kata Bobby dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Tak jauh dari kawasan hutan kota tersebut, Bobby mendapati tumpukan sampah mengambang di dekat pintu air Sungai Deli, tempat penaburan 4.000 benih ikan.

Menyikapnya, Bobby mengaku akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II untuk membersihkannya.

Terlebih, di pintu air tersebut akan dilakukan rekayasa inovasi sebagai upaya mengatasi banjir.

Baca Juga: Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Gubernur DKI Ajak Warga Matikan Lampu Satu Jam Hari Ini

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Kopasude, Agung Rizky mengutarakan harapannya kepada Bobby supaya dapat melakukan upaya maksimal untuk keberlanjutan Sungai Deli.

Tak hanya itu, Agung juga berharap, menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bisa terus intens dalam melakukan penanganan banjir di Kota Medan.

“Kami sangat mendukung upaya-upaya yang dilakukan bapak wali kota dalam mengatasi banjir di Kota Medan. Kami mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan pak wali dalam penanganan banjir,” ujar Agung.

Selain Ketua Kopasude Agung Rizky, penyusuran Bobby di taman kota turut didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Syarif Armansyah Lubis dan Camat Medan Johor Zulfakhri Ahmadi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x