Kompas TV nasional agama

Jemaah Tidak Berangkat, Kemenag Pastikan Dana Haji Aman

Sabtu, 5 Juni 2021 | 00:36 WIB

KOMPAS.TV - Pasca keputusan pemerintah Indonesia meniadakan ibadah haji tahun 2021 ini muncul kekhawatiran dari calon jemaah haji yang terlanjur menyetor uangnya, baik melalui travel maupun langsung ke Kantor Kementerian Agama.

Menyikap hal ini, Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, memastikan dana calon jemaah haji aman dan dapat ditarik kembali sewaktu waktu.

PLT Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur, Nurul Huda, memastikan dana calon jemaah haji ini aman dan dapat ditarik kembali.

Huda memastikan, dana haji aman disimpan di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) di Jakarta sekaligus memastikan tidak benar dana tersebut digunakan oleh pemerintah untuk keperluan lain, selain untuk kepentingan ibadah haji. 

Kemenag Jatim menjelaskan, calon jemaah dapat mengambil dana tersebut sewaktu-waktu, baik biaya pendaftaran maupun hanya biaya pelunasan saja.

Sementara, pasca dibatalkannya penyelenggaraan haji oleh pemerintah Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah, Amphuri Jateng-Yogyakarta meminta agar calon haji untuk bersabar dan tidak menarik dana hajinya.

Ketua Amphuri Jawa Tengah DIY, Endro Dwi Cahyono menyatakan penarikan dana akan merugikan calon haji mengingat mereka sudah lama antre hingga bertahun-tahun, karena jika dana ditarik dan akan daftar haji mereka harus mulai dari awal dan antre kembali.

Penulis : Luthfan

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:08
PEMPROV KALIMANTAN SELATAN: KEGIATAN TAKBIRAN KELILING PADA MALAM JELANG IDUL ADHA TIDAK DIPERBOLEHKAN   PEMPROV KALSEL IZINKAN SHALAT IDUL ADHA DI MASJID ATAU LAPANGAN UNTUK WILAYAH ZONA HIJAU DAN KUNING COVID-19   PENCARIAN 43 KORBAN DARI 18 KAPAL NELAYAN YANG TENGGELAM AKIBAT CUACA EKSTREM DI PERAIRAN KALBAR TERUS DILAKUKAN   GUBERNUR JATIM KHOFIFAH INDAR PARAWANSA SEBUT LONJAKAN KASUS POSITIF COVID-19 KARENA "TESTING" MANDIRI MENINGKAT   PEMKAB PONOROGO, JATIM, BANGUN RS LAPANGAN DI JALAN TRUNOJOYO SETELAH RS RUJUKAN COVID-19 PENUH   ASRAMA HAJI DONOHUDAN DI BOYOLALI BAKAL DIJADIKAN RS DARURAT UNTUK PASIEN COVID-19 BERGEJALA SEDANG   MENDAGRI INSTRUKSIKAN GUBERNUR ATUR LOKASI DISTRIBUSI VAKSIN COVID-19 UNTUK PERCEPATAN PROGRAM VAKSINASI   PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA (PPNI): 7.392 PERAWAT POSITIF COVID-19 DAN 445 PERAWAT MENINGGAL   IDI: ANGKA KEMATIAN DOKTER AKIBAT COVID-19 PALING TINGGI DI JAWA TIMUR, SEBANYAK 110 DOKTER   IDI: HINGGA 18 JULI 2021, 545 DOKTER MENINGGAL AKIBAT COVID-19   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 5.362 ORANG: 4.431 SEMBUH, 215 MENINGGAL DUNIA, 716 DALAM PERAWATAN   SATGAS COVID-19: HINGGA 18 JULI 2021, 16.274.150 ORANG TELAH DIVAKSINASI DOSIS KEDUA   SATGAS COVID-19: HARI INI, ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DI INDONESIA BERTAMBAH 1.093 KASUS, TOTAL 73.582 KASUS   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH HARI INI BERTAMBAH 29.264 ORANG, TOTAL 2.261.658 ORANG