Kompas TV euro 2020 serba serbi

Luis Enrique Ingin Skuad Spanyol Tidak Minder di Euro 2020

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 23:26 WIB
luis-enrique-ingin-skuad-spanyol-tidak-minder-di-euro-2020
Pelatih Tim Nasional Spanyol, Luis Enrique. (Sumber: NurPhoto via Getty Images)
Penulis : Gilang Romadhan

MADRID, KOMPAS.TV - Luis Enrique ingin para pemain tim nasional (timnas) Spanyol tidak minder mengarungi kejuaraan UEFA Euro 2020. 

Spanyol sendiri tergabung di Grup E bersama Polandia, Slovakia, dan Swedia. Swedia akan menjadi lawan pertama Spanyol di babak penyisihan grup.

Apabila menilik sejarah Euro, Spanyol merupakan tim tersukses bersama Jerman. La Roja telah memenangkan kompetisi ini sebanyak 3 kali. 

Baca Juga: Tidak Ada Pemain Real Madrid di Skuad Timnas Spanyol untuk Euro 2020

Selama dua windu terakhir, Spanyol selalu menjadi favorit di tiap turnamen mayor. Bahkan 2 dari total gelar Euro mereka diraih secara beruntun pada 2008 dan 2012. 

Namun, saat ini Spanyol disebut gelandangnya sendiri, Rodri Hernandez mengklaim timnya bukanlah favorit lagi untuk memenangi turnamen mayor. 

Pada Euro 2016 silam, Spanyol hanya mentok main di 16 besar, begitu pula di Piala Dunia 2018. Bahkan saat main di Piala Dunia 2014 dengan status juara bertahan, Spanyol tidak lolos dari fase grup. 

Lain itu, Enrique tidak memanggil satu pun pemain dari Real Madrid. Pemilik jumlah penampilan terbanyak, Sergio Ramos juga harus dicoret karena belum pulih dari cedera. 

Enrique menyebut sudah tugasnya untuk menaikkan kepercayaan diri anak asuhnya. 

Baca Juga: Daftar Lengkap Skuad Grup E Euro 2020: Polandia, Slovakia, Spanyol, Swedia

"Saya harus mencoba dan membuat para pemain percaya [bahwa mereka memang terbaik]," sebut Enrique, dikutip dari Diario AS. 

"Saya harus meyakinkan para pemain, tetapi saya sendiri sangat yakin kami akan menjadi tim yang sulit untuk dikalahkan." 

"Saya bisa saja salah tetapi saya percaya kami termasuk di antara enam atau tujuh tim favorit menjuarai Euro 2020," imbuh eks pelatih Spanyol.

Spanyol saat ini berada di peringkat 6 terbaik FIFA. Di Euro 2020, hanya ada 4 tim dengan peringkat yang lebih baik daripada Spanyol, yakni Belgia, Prancis, Inggris, dan Portugal. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.