Kompas TV nasional peristiwa

Catat! Info Cuaca BMKG di Akhir Pekan, Hari Ini Sabtu 5 Juni 2021: 19 Daerah Berpotensi Ekstrem

Kompas.tv - 5 Juni 2021, 04:45 WIB
catat-info-cuaca-bmkg-di-akhir-pekan-hari-ini-sabtu-5-juni-2021-19-daerah-berpotensi-ekstrem
Ilustrasi angin kencang menandakan cuaca ekstrem. BMKG mengeluarkan peringatan adanya cuaca ekstrem karena pengaruh tiga fenomena alam. (Sumber: KOMPAS.COM/JUNAEDI)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Info cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk hari ini, Sabtu (5/6/2021) menyatakan, sebanyak 19 daerah di Indonesia berpotensi cuaca ekstrem.

Melansir laman bmkg.go.id, dari 19 daerah tersebut, sebanyak 11 daerah berpotensi hujan lebat disertai angin kencang. Sementara, enam daerah berpotensi hujan disertai angin kencang, dan dua daerah berpotensi angin kencang.

Menurut BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik Utara Papua yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi). Konvergensi ini memanjang dari Papua hingga Papua Barat serta daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di perairan Utara Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi, serta konfluensi tersebut.

Baca Juga: Siapkan Mantel Kamu, BMKG Sebut Hujan Bakal Guyur 16 Kota Hari Ini, Jumat 4 Juni 2021

Daerah konvergensi lainnya, terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, di Sumatera Barat, dari Pesisir Selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat.

Lalu di Kalimantan Barat bagian Utara dan Selatan, di Kalimantan Selatan, di Kalimantan Utara, di Kalimantan Timur, dan dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.

Serta daerah konfluensi terpantau di Pesisir Bengkulu-Lampung, di Banten, di Perairan Selatan Jawa Barat, di Riau dan di Filipina.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut info cuaca BMKG akhir pekan ini untuk Sabtu 5 Juni 2021, yang dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id:

Baca Juga: Catat! BMKG Sebut 19 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem Kamis, 3 Juni 2021, Mana Saja?

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir:

• Aceh

• Sumatera Barat

• Bengkulu

• Lampung

• Jawa Barat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.