Kompas TV nasional peristiwa

Mundur Dua Hari, Uji Sekolah Tatap Muka DKI Jakarta akan Dimulai pada 9 Juni 2021

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 20:10 WIB
mundur-dua-hari-uji-sekolah-tatap-muka-dki-jakarta-akan-dimulai-pada-9-juni-2021
Ilustrasi seorang murid sedang belajar tatap muka di sekolah. (Sumber: DEFRIATNO NEKE )
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja Gah mengatakan, uji Pembelajaran Tatap Muka (PTM) DKI Jakarta akan dimulai pada 9 Juni 2021. 

Awalnya, uji coba PTM tahap dua di wilayah Jakarta akan dilaksanakan pada 7 Juni 2021, namun, mundur 2 hari menjadi 9 Juni 2021. 

Hingga saat ini, Taga menyebut ada 300 sekolah yang sudah mendafar untuk mengikuti PTM. 

Proses analisa hasil pelatihan 300 sekolah calon peserta uji coba dikatakan memakan waktu yang lama, ini menjadi salah satu alasan mengapa uji coba diundur 2 hari. 

"Info terkini bahwa karena proses analisa dan telaah hasil seleksi pelatihan 300 sekolah ini butuh waktu yang lama. Kemungkinan untuk pelaksanaan tatap muka ini diundur tanggal 9," tutur Taga kepada wartawan di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

"Jadi kemungkinannya untuk pelaksanaan pembalajaran tatap muka akan diadakan 9 Juni, gitu," ujar Taga. 

Untuk saat ini, Taga belum bisa buka suara mengenai daftar sekolah yang lolos seleksi karena masih dalam tahap pengkajian. 

Baca Juga: 37 Tenaga Pendidik Positif Covid-19, Sekolah Ditutup

"Iya nanti akan rilis juga daftar sekolah-sekolahnya. Makanya saya tidak berani menyampaikan nama 300 sekolah itu secara terbuka, karena khawatir ada yang tidak lolos seleksi," jelasnya. 

Ia menyatakan bahwa 300 sekolah yang mengikuti seleksi assessment merupakan jumlah dari semua tingkat pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, SMK baik negeri maupun swasta.

Sejauh ini, belum ada perubahan mengenai PTM di Jakarta. 

"Kalau komposisinya berapa negeri dan swasta itu menunggu hasil seleksi. Kalo kalkulasi kemaren itu daftar jumlahnya saja," ujar Taga. 

Sejumlah sekolah juga sudah mengajukan surat assessment tahap 2 untuk pengajuan PTM.

"Sudah ada cuma saya konkret nya berapa belum dapat info nih. Ada yang sudah mengajukan surat pertanggung jawaban mutlak untuk ppm tapi untuk jumlahnya belum di update," ucap Taga.

Baca Juga: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Tolak Sekolah Tatap Muka: Tanya Sama Tuhan, Turun Tidak Covid

Alasan kedua uji coba diundur yakni karena berbarengan dengan pembukaan pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di seluruh wilayah DKI Jakarta yang dibuka pada Senin, 7 Juni 2021.

"Kepala Seksi Dikdas (Pendidikan Dasar) Dikmen (Pendidikan Menengah) di 11 wilayah DKI itu berharap tidak berbarengan dengan PPDB)," kata Taga.

Adapun ia mengatakan bahwa persoalan PTM ini sedang dikaji dengan pertimbangan yang matang demi kesehatan dan keselamatan anak bangsa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x