Kompas TV nasional berita utama

Pergantian Panglima TNI, Wakil Komisi III DPR: Sesuai Urutan, Matra AL yang Gantikan Hadi Tjahjanto

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 14:57 WIB
pergantian-panglima-tni-wakil-komisi-iii-dpr-sesuai-urutan-matra-al-yang-gantikan-hadi-tjahjanto
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat jumpa pers perkembangan pencarian KRI Nanggala 402, Sabtu (24/4/2021). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wacana pergantian Panglima TNI mulai menghangat seiring akan pensiunnya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto pada akhir tahun 2021 ini.

Wakil Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menilai untuk posisi Panglima TNI berikutnya seharusnya diisi dari matra Angkatan Laut (AL).

"Mestinya sih sudah urutan dan dari TNI AL lah yang harusnya jadi Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto," ujar Sahroni, Jumat (4/6/2021). 

Baca Juga: Pengamat Intelejen Ini Anggap Kasal Yudo Margono Layak Gantikan Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI

Politikus Nasdem itu mengungkap pula sudah lama matra TNI AL tidak memegang tampuk komando di seluruh angkatan. 

Karenanya, kata Sahroni seperti dilansir dari Tribunnews, tak mengherankan jika saat ini matra TNI AL atau Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang menjadi Panglima TNI.

"Terakhir TNI AL memegang tongkat komando TNI itu 2012 silam. Maka sepatutnya TNI AL saat ini memegang tongkat komando TNI 1," tutur dia.

Sebagaimana diketahui, tiga jenderal yang merupakan kepala staf masing-masing angkatan pun berpeluang menggantikan Hadi. Mereka adalah KASAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KASAL Laksamana TNI Yudo Margono dan KASAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Baca Juga: Pengamat: Panglima TNI Baru Harus Bisa Mengatasi Ancaman Hybrida

Adapun nama KASAL Laksmana TNI Yudo Margono dinilai layak untuk menjadi Panglima TNI. Seperti diberitakan KompasTV sebelumnya, Pengamat Intelijen, Pertahanan dan Keamanan, Ngasiman Djoyonegoro berpendapat, Laksamana Yudo Margono lah sosok yang layak untuk menduduki kursi Panglima TNI. Soal loyalitas, tak ada yang bisa membantah loyalitas Kasal ke-27 ini.

“Seluruh tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepadanya selalu dilaksanakan dan diselesaikan dengan baik dan paripurna " ujar Ngasiman, Rabu (2/6/2021).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.