Kompas TV regional sosial

Polemik Sepeda Road Bike, Anies Minta Pengguna Jalan Saling Menghormati Satu Sama Lain

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 14:21 WIB
polemik-sepeda-road-bike-anies-minta-pengguna-jalan-saling-menghormati-satu-sama-lain
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan sepeda miliknya sebagai transportasi menuju kantor di Balai Kota di Hari Sepeda Sedunia, Kamis (3/6/2021). (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau masyarakat untuk saling menghormati satu sama lain ketika sedang berkendara di wilayah DKI Jakarta. 

Ia juga meminta pengendara kendaraan bermotor menghormati pesepeda sebagai sesama pengguna jalan di Jakarta. Pengendara motor diminta memahami bahwa bersepeda lebih beresiko dibanding bermotor.

"Bila Anda bermotor, lihat yang naik sepeda, pahami bahwa ini lebih berisiko naik sepeda dibandingkan bermotor, hormati dia, begitu juga dengan kendaraan lebih besar lainnya," kata Anies dalam acara Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) Kementerian Perhubungan, Jumat (4/6/2021).

Anies juga meminta pesepeda tidak masuk ke jalur kendaraan bermotor apabila sudah disiapkan jalur sepeda.

"Bila Anda bersepeda di situ ada jalur sepeda, gunakan jalur itu," ucap Anies.

Baca Juga: Dorong Sepeda Jadi Alat Transportasi, Anies Usul Setiap Perkantoran di Jakarta Sediakan Sepeda

Anies berharap semua pengguna jalan dapat saling menghormati satu sama lain.

Menurutnya, saat ini semua orang di Jakarta tengah berada dalam fase belajar untuk membiasakan sepeda menjadi alat transportasi.Karena itulah, penting untuk mengingat dan memikirkan keselamatan satu sama lain.

"Karena itu fase ini fase pembelajaran, jadi bagi semua pengendara kendaraan apakah bermotor atau tak bermotor hormati satu sama lain. Jangan sekadar melihat soal jalurnya saja, tapi pikirkan keselamatan," ucap dia.

Daripada membicarakan mengenai aturan siapa yang boleh melintas di jalur mana, Anies mengatakan, lebih penting untuk memikirkan bagaimana keselamatan semua pengguna jalan agar bisa terakomodasi apa pun aturan hukumnya.

"Nanti kan biasanya tanya nanti tilangnya berapa ditilangnya kapan, di lokasi mana? Kita tidak seremeh itu, ini soal yang lebih besar soal bagaimana kita membiasakan menghormati satu sama lain apa pun aturannya," ucap Anies.

Baca Juga: Anies Imbau Perusahaan Beri Insentif Kepada Karyawan yang Naik Sepeda ke Kantor

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x