Kompas TV regional berita daerah

Ada Jurusan Baru di UGM, Prospek Kerjanya Menggiurkan

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 13:38 WIB
ada-jurusan-baru-di-ugm-prospek-kerjanya-menggiurkan
Ilustrasi: Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Universitas Gadjah Mada (UGM)  membuka jurusan atau program studi (prodi) baru pada 2021. Jurusan baru itu adalah Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIL) yang berada di bawah naungan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM.

Menurut Ketua Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan T. Faisal Fathani, jurusan TIL ini memiliki ciri khas keilmuan bidang ilmu infrastruktur sipil untuk mengatasi permasalahan lingkungan seperti pencemaran air, udara, tanah dan infrastruktur untuk meningkatkan kualitas lingkungan. 

“Pembangunan infrastruktur dan penerapan teknologi yang diajarkan dalam prodi TIL lebih menekankan pada nilai-nilai kearifan lokal,” ujarnya, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga: 3 Poin Usulan Reinstrumentasi UU Otonomi Khusus dari Gugus Tugas Papua UGM

Jurusan TIL memiliki beban minimal 144 SKS yang ditempuh dalam delapan semester. Ada 10 bidang kajian dalam kurikulumnya, yakni, sains dasar, nilai ke-UGM-an, teori dasar TIL, perencanaan dan perancangan, sistem sanitasi lingkungan, pemodelan, infrastruktur sipil lingkungan, kearifan lokal dan isu global, keilmuan lintas prodi, dan penelitian.

Jurusan baru di UGM ini didukung 59 dosen tetap dengan kualifikasi profesor dan doktor serta 52 dosen lain dari berbagai bidang ilmu, seperti teknik sipil, kimia, geografi, mesin, elektro, geologi, geodesi, matematika, dan IPA.

Kurikulum di jurusan baru ini juga sudah mengakomodasi skema-skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yakni dengan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk belajar keilmuan lintas prodi dalam berbagai bentuk pembelajaran (magang, pertukaran pelajar, kewiraswastaan, penelitian dan proyek kemanusiaan) untuk memperkuat penguasaan ilmu infrastruktur lingkungan.

Faisal Fathani mengungkapkan lulusan jurusan ini bisa menjadi tenaga ahli di bidang pengendalian pencemaran lingkungan, konsultan, kontraktor, peneliti, guru atau dosen, pegawai pemerintah, di perusahaan instansi swasta atau pemerintah terutama di Kementerian PUPR dan KLHK, LSM dalam bidang lingkungan, LIPI.

Berdasarkan hasil observasi internal tim pendiri prodi TIL, kebutuhan tenaga kerja dalam bidang infrastruktur lingkungan sampai 2030 sebesar 7.020 lulusan.

“Dengan keberadaan jumlah program studi lain yang memiliki muatan keilmuan hampir sama pada saat ini, maka kebutuhan SDM diatas hanya dapat terpenuhi sebesar 21 persen,” ucapnya.

Baca Juga: UGM Kembangkan Alat EWS Guna Prediksi Gempa Tiga Hari Sebelumnya, Begini Cara Kerjanya

Artinya, prospek kerja lulusan TIL untuk mengisi kesenjangan kebutuhan jumlah SDM dalam bidang ini masih sangat besar.

Ia berharap melalui pembukaan prodi atau jurusan baru UGM ini maka lulusannya bisa menjaga kebijakan pembangunan lingkungan tetap berkelanjutan melalui pembangunan infrastruktur yang fokus pada penataan ruang terbuka hijau dan menjaga proses-proses alami untuk purifikasi, pengendalian banjir, dan konservasi sumber daya air.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.