Kompas TV regional berita daerah

Ada Jurusan Baru di UGM, Prospek Kerjanya Menggiurkan

Jumat, 4 Juni 2021 | 13:38 WIB
ada-jurusan-baru-di-ugm-prospek-kerjanya-menggiurkan
Ilustrasi: Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. (Sumber: KOMPAS.COM)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Universitas Gadjah Mada (UGM)  membuka jurusan atau program studi (prodi) baru pada 2021. Jurusan baru itu adalah Teknik Infrastruktur Lingkungan (TIL) yang berada di bawah naungan Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM.

Menurut Ketua Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan T. Faisal Fathani, jurusan TIL ini memiliki ciri khas keilmuan bidang ilmu infrastruktur sipil untuk mengatasi permasalahan lingkungan seperti pencemaran air, udara, tanah dan infrastruktur untuk meningkatkan kualitas lingkungan. 

“Pembangunan infrastruktur dan penerapan teknologi yang diajarkan dalam prodi TIL lebih menekankan pada nilai-nilai kearifan lokal,” ujarnya, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga: 3 Poin Usulan Reinstrumentasi UU Otonomi Khusus dari Gugus Tugas Papua UGM

Jurusan TIL memiliki beban minimal 144 SKS yang ditempuh dalam delapan semester. Ada 10 bidang kajian dalam kurikulumnya, yakni, sains dasar, nilai ke-UGM-an, teori dasar TIL, perencanaan dan perancangan, sistem sanitasi lingkungan, pemodelan, infrastruktur sipil lingkungan, kearifan lokal dan isu global, keilmuan lintas prodi, dan penelitian.

Jurusan baru di UGM ini didukung 59 dosen tetap dengan kualifikasi profesor dan doktor serta 52 dosen lain dari berbagai bidang ilmu, seperti teknik sipil, kimia, geografi, mesin, elektro, geologi, geodesi, matematika, dan IPA.

Kurikulum di jurusan baru ini juga sudah mengakomodasi skema-skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yakni dengan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk belajar keilmuan lintas prodi dalam berbagai bentuk pembelajaran (magang, pertukaran pelajar, kewiraswastaan, penelitian dan proyek kemanusiaan) untuk memperkuat penguasaan ilmu infrastruktur lingkungan.

Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:40
INDONESIA BERPELUANG TAMBAH WAKIL KE OLIMPIADE TOKYO KARENA BEBERAPA CABOR DAPAT "WILD CARD" SALAH SATUNYA ATLETIK   UNTUK SEMENTARA, INDONESIA SUDAH MELOLOSKAN 19 WAKIL DARI 6 CABANG OLAHRAGA UNTUK OLIMPIADE TOKYO   KEMENSOS SIAPKAN 41 BALAI REHABILITASI SOSIAL UNTUK 7.300 PEKERJA MIGRAN INDONESIA YANG DIPULANGKAN DARI MALAYSIA   DINKES RIAU: PER 3 JUNI 2021, TERDAPAT 400 ORANG DINYATAKAN POSITIF COVID-19, TOTAL 61.502 KASUS   DINKES KOTA PONTIANAK, KALBAR: TINGKAT HUNIAN RS DI PONTIANAK MENCAPAI 80% AKIBAT PENINGKATAN KASUS KORONA   KEMENPAN DAN RB SEGERA PUNYA WAKIL MENTERI SETELAH PRESIDEN JOKOWI TEKEN PERPRES NO 47 TAHUN 2021   KPK PERIKSA 3 SAKSI GUNA DALAMI PROSES PENGADAAN LAHAN DI MUNJUL, JAKTIM, OLEH PERUMDA SARANA JAYA DKI   PER MARET 2021, UTANG LUAR NEGERI INDONESIA MENCAPAI RP 6.445,07 TRILIUN   KOALISI MASYARAKAT SIPIL UNTUK REFORMASI SEKTOR KEAMANAN DESAK PRESIDEN HENTIKAN PENGADAAN ALPALHANKAM   KOALISI MASYARAKAT SIPIL UNTUK REFORMASI SEKTOR KEAMANAN NILAI PENGADAAN ALPALHANKAM BERLEBIHAN   PEMERINTAH BUTUH RP 1,7 KUADRILIUN UNTUK PENGADAAN ALAT PERALATAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN (ALPALHANKAM)   DPR, PEMERINTAH, & PENYELENGGARA PEMILU MASIH MEMBAHAS SEJUMLAH MASALAH KRUSIAL TERKAIT PEMILU 2024   HASIL RAPAT DPR, PEMERINTAH, & PENYELENGGARA PEMILU: DASAR PENCALONAN PILKADA 2024 DIDASARKAN PADA HASIL PILEG 2024   TAHAPAN PEMILU 2024 AKAN DIMULAI 25 BULAN SEBELUM HARI PEMUNGUTAN SUARA YAKNI PADA MARET 2022