Kompas TV regional kesehatan

Akses Vaksinasi Hingga Ekonomi untuk Kelompok Disablitas, Segera Dipercepat di Jateng

Kompas.tv - 4 Juni 2021, 06:25 WIB
akses-vaksinasi-hingga-ekonomi-untuk-kelompok-disablitas-segera-dipercepat-di-jateng
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Sumber: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG))
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Iman Firdaus

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan segera menyelenggarakan program vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,  kala menjamu Staf Khusus (Stafsus) Presiden, Angkie Yudistia,  di Kantor Gubernur Jateng.

Ganjar menjelaskan, pemberian ruang atau akses dalam program vaksinasi merupakan hal yang penting bagi kelompok disabilitas.

“Kalau vaksinasi untuk disabilitas dan kelompok masyarakat rentan sudah menjadi kebijakan nasional sampaikan ke gubernur, maka nanti kami akan percepat,” ujar Ganjar, sebagaimana dikutip dari Sekretariat Kabinet, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Tahap Ketiga: Dinkes Surabaya Targetkan 10.190 Orang dari 18 Rusunawa

Tak hanya vaksinasi, akses ekonomi bagi penyandang disabilitas juga disebut Ganjar, karena bisa menjadi prioritas dan memberi keterampilan untuk hidup mandiri secara ekonomi.

“(Untuk) Akses ekonomi, terlebih dahulu kami akan petakan teman-teman disabilitas. Supaya bisa menjadi target utama untuk dilatih,” ujarnya.

Misalnya, selama pandemi COVID-19 ini, Pemprov Jateng telah mengikutsertakan kelompok disabilitas untuk terlibat dalam beberapa proyek seperti membuat masker, face shield, dan lain-lain.

Sebagai bukti sekaligus contoh hasil karya dari para penyandang disabilitas di Jateng, Ganjar pun menunjukkan masker bening yang dikenakannya.

“Dengan masker bening ini disabilitas yang tuli bisa melihat gerak bibir untuk berkomunikasi dengan orang lain,” jelasnya.

Baca Juga: Cegah Klaster Pekerja dan Buruh, Kemnaker Kembali Adakan Vaksinasi Covid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x