Kompas TV nasional peristiwa

Tak Mau Tanggapi Kemarahan Bupati Alor, Mensos Risma: yang Penting Bantuan Sampai ke Daerah Bencana

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 21:20 WIB
tak-mau-tanggapi-kemarahan-bupati-alor-mensos-risma-yang-penting-bantuan-sampai-ke-daerah-bencana
Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan keterangan terkait penanganan korban bencana alam di Nusa Tenggara Timur, Rabu (7/4/2021). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini tidak mau ambil pusing dengan sikap Bupati Alor Amnon Djabo yang marah-marah kepada pegawai Kemensos.

Risma menjelaskan, kehadiran pegawai Kemensos untuk memastikan bantuan bencana banjir bandang dan tanah longsor berupa kebutuhan dasar dapat terpenuhi oleh warga yang terdampak.

Risma juga memastikan kedua pegawai Kemensos bekerja dengan baik dan seusai dengan tugas pokok dan fungsinya di Kabupaten Alor.

Baca Juga: PDIP Cabut Dukungan Pada Bupati Alor Buntut Video Viral Marah-Marah ke Risma

Dua pegawai Kemensos menghadap Bupati Alor terkait bantuan bencana, bukan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Saya enggak ngurus itu yang penting saat itu bantuan harus sampai ke daerah bencana,” ujar Risma, Kamis (3/6/2021).

Risma menjelaskan, saat itu bantuan sulit masuk ke Pulau Alor.

Selain jaringan komunikasi yang belum pulih, kapal juga tidak bisa masuk ke Alor karena cuaca buruk.

Untuk mensiasati hal tersebut, dirinya meminta pertolongan kepada Ketua DPRD Kabupaten Alor Enny Anggrek agar bantuan korban bencana bisa cepat diterima masyarakat Alor.

Baca Juga: Risma Dituding Tak Hargai Pemda Alor Soal Penyaluran Bantuan

“Saya bilang minta bantuan, karena bantuanku enggak bisa merapat ke Alor. Beliau (Ketua DPRD) menawarkan, 'Bu, itu ada paket dari bulog yang ibu bisa ganti, ibu tinggal bayar ke bulog. Ya sudah aku pesen, Kemudian disebarkanlah, karena kami tidak bisa (karena banyak sekali yang membutuhkan) saat itu kami tidak bisa kontak siapa pun di situ. Jadi seperti itu” ujar Risma.

Lebih lanjut Risma mengajak semua pihak untuk meningkatkan kerja sama, komunikasi, koordinasi, khususnya dalam kondisi negara tengah bekerja untuk melayani masyarakat yang terdampak bencana.

Kemensos juga mengajak semua pihak terkait, terutama unsur-unsur penanganan bencana di daerah untuk mempercepat upaya pemulihan bencana, dengan fokus pada tugas pelayanan dan menghindari penyampaian informasi yang kurang relevan, membingungkan dan mengusik ketenangan masyarakat.

Baca Juga: Risma Jawab Bupati Alor yang Marah Besar Terkait Bantuan yang Disalurkan

Terkait video viral tersebut, Risma memandang sebagai bentuk dinamika di lapangan.

Risma meminta kepada semua pegawai yang bertugas di seluruh untuk terus meningkatkan dedikasi, pengabdian dan loyalitas terhadap tugas melayani Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.