Kompas TV nasional peristiwa

Momen Anies Baswedan Bike To Work, Pakai Batik Gowes Sepeda ke Kantornya di Balai Kota Jakarta

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 18:09 WIB
momen-anies-baswedan-bike-to-work-pakai-batik-gowes-sepeda-ke-kantornya-di-balai-kota-jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunakan sepeda miliknya untuk pergi ke Balai Kota. Bike to Work ini dilakukan Anies dalam memperingati Hari Sepeda Dunia, Kamis (3/6/2021). (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga Jakarta menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Tepat di peringatan Hari Sepeda Sedunia, Anies menggunakan sepeda Schwinn tipe Skyliner yang sudah dimilikinya selama 15 tahun untuk pergi ke kantor di Balai Kota.

Mengenakan batik dengan dasar merah, Anies berjalan bersama komunitas Bike To Work Indonesia menuju kantor masing-masing.

Baca Juga: Hari Bersepeda Sedunia, Anies Ajak Warga DKI Jakarta Bangkitkan Kebiasaan Bersepeda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan sepeda miliknya sebagai transportasi menuju kantor di Balai Kota di Hari Sepeda Sedunia, Kamis (3/6/2021). (Sumber: Instagram Anies Baswedan)

Ada juga beberapa duta besar negara sahabat dari Denmark dan Belanda yang di negaranya sudah banyak menggunakan sepeda sebagai transportasi ikut bersama rombongan. 

“Kita ingin mendorong bersepeda sebagai kebiasaan transportasi bukan saja kegiatan olahraga. Karenanya bersepeda tidak perlu harus sepeda khusus, tidak harus pakai sepatu khusus, tidak harus baju khusus,” ujar Anies melalui akun Instagram pribadinya, Kamis (3/6/2021).

Di kesempatan tersebut Anies juga menjelaskan jalur sepeda yang dibangun di Jakarta bertujuan memfasilitasi warga untuk bisa bersepeda secara aman dan ramah lingkungan.

Total jalur sepeda di Jakarta saat ini sebanyak 63 kilometer dengan rencana tambahan tahun ini 101 kilometer.

Baca Juga: Terkait Road Bike, Anies Minta Pemprov DKI Tidak Umumkan Aturan yang Belum Dibuat

Selain jalur sepeda, Pemprov juga meminta gedung-gedung di Jakarta untuk menyediakan tempat parkir khusus sepeda minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia.

Kemudian menyiapkan tempat berbilas untuk memudahkan para pekerja yang memilih untuk bertransportasi menggunakan sepeda sehari-hari.

“Mari jadikan setiap hari sebagai Hari Bersepeda,” ujar Anies.

Baca Juga: Anies Baswedan: Prioritas DKI Sepeda Sebagai Alat Transportasi, Bukan Sekadar Hobi

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x