Kompas TV nasional politik

Emil Salim Kritik Prabowo soal Anggaran Alutsista Rp 1.700 Triliun: Urgenkah?

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 14:21 WIB
emil-salim-kritik-prabowo-soal-anggaran-alutsista-rp-1-700-triliun-urgenkah
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Sumber: KOMPAS.COM/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Guru Besar Emeritus Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Emil Salim mengkritik rencana anggaran belanja Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang mencapai Rp1.700 triliun.

Diketahui rencananya anggaran tersebut akan digunakan untuk modernisasi alat utama sistem persenjataan atau alutsista dalam negeri. 

Emil mempertanyakan urgensi anggaran tersebut di tengah masyarakat yang sedang berjuang melawan pandemi Covid-19. 

Pertanyaan ini disampaikannya melalui akun Twitter pribadinya @emilsalim2010 pada Rabu (2/6/2021).

Baca Juga: Banyak Alutsista yang Sudah Tua, Prabowo Tegaskan Kebutuhan Mendesak Pembelian Alutsista

"Ketika rakyat sedang bergumul dengan pandemi Covid19 yang belum tertundukkan, krisis ekonomi yang masih merajalela sehingga derita rakyat belum tertanggulangi, urgenkah belanja senjata ABRI SEKARANG Rp. 1750 trilliuni rupiah?," tulis Emil, yang dikutip pada Kamis (3/6/2021).

Lebih lanjut, Menteri era Presiden Soeharto pun mempertanyakan terkait adanya studi kelayakan dan rencana utuh terkait belanja ini di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). 

"Adakah studi kelayakannya dan rencana utuh di Bappenas?," sambung tulisannya.

Baca Juga: Jubir Prabowo: Anggaran 1.700 Triliun Modernisasi Alutsista Buat Formulasi 5 Sampai 25 Tahun

Seperti diketahui, Kemenhan berencana membeli alutsista TNI.

Rencana pembelian alutsista tertuang dalam Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia Tahun 2020-2024 (Alpalhankam).

Dalam memenuhi kebutuhan modernisasi alutsista tersebut, pemerintah membutuhkan dana sebesar 124.995.000.000 dollar AS. Jumlah ini setara Rp 1,7 kuadriliun.

Kendati demikian Direktur Jenderal Strategis Kemenhan Rodon Pedrason membantah terkait nominal tersebut.

"Jumlah anggaran untuk alutsista itu rahasia negara, tetapi angka yang disebutkan Rp 1,750 kuadriliun  itu bukan itu," kata Rodon, dikutip dari Kompas.id, Minggu (30/5/2021).

Baca Juga: Dipanggil DPR, Menhan Prabowo Jelaskan Anggaran Modernisasi Alutsista yang Capai 1.700 Triliun

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjelaskan rencana modernisasi alutsista tersebut masih dalam tahap perencanaan yang dibahas bersama Bappenas, Kementerian Keuangan dan pemangu kepentingan lainnya.

Kendati demikian Prabowo belum dapat merinci terkait rencana yang memakan hingga Rp1,7 kuadriliun yang belakangan ini menjadi sorotan.

“Kita akan paparkan rencana ke depan, tentunya akan ada tanya jawab dan sebagainya, kita akan usahakan menjelaskan segamblang-gamblangnya”, ujar Prabowo di gedung parlmen, Senayan, Jakarta pada Rabu (2/6/2021).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.