Kompas TV nasional politik

Anies Baswedan: Prioritas DKI Sepeda Sebagai Alat Transportasi, Bukan Sekadar Hobi

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 12:53 WIB
anies-baswedan-prioritas-dki-sepeda-sebagai-alat-transportasi-bukan-sekadar-hobi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunakan sepeda miliknya untuk pergi ke Balai Kota. Bike to Work ini dilakukan Anies dalam memperingati Hari Sepeda Dunia, Kamis (3/6/2021). (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemprov DKI Jakarta membantah penilaian kebijakan uji coba pesepeda road bike yang dapat melintas di luar jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin hanya berorientasi penyaluran hobi bukan pengembangan transportasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan Pemprov DKI Jakarta memiliki kebijakan yang mendorong warga Jakarta menggunakan sepeda untuk transportasi, apapun jenisnya.

Hal itu jugalah yang membuat Pemprov DKI menyediakan jalur sepeda sebagai fasilitas untuk warga yang bersepeda sebagai transportasi.

Baca Juga: Anies: DKI Jakarta Targetkan Tambahan 101 Kilometer Jalur Sepeda Tahun InI

Menurut Anies, izin bagi pesepeda road bike yang bisa keluar jalur sepeda masih dalam tahap uji coba dan itu pun dilakukan dalam batasan waktu. Mulai pukul 05.00 WIB hingga 06.30 WIB di hari Senin hingga Jumat.

Untuk itu, pesepeda road bike yang ingin menyalurkan hobi dapat menggunakan waktu yang sudah disediakan.

“Kita terus konsisten memfasilitasi untuk transportasi, kemudian kegiatan hobi dibatasi jamnya di saat jam sedang sepi. Tapi prioritas kita adalah sepeda sebagai alat transportasi, bukan sekadar sebagai alat sport, jadi yang kita dorong adalah itu," ujar Anies dalam keterangan suara, Kamis (3/6/2021).

Anies juga menekankan bahwa setiap pengendara moda transportasi dapat berbagi dengan sesama pengguna jalan.

Baca Juga: Hari Bersepeda Sedunia, Anies Ajak Warga DKI Jakarta Bangkitkan Kebiasaan Bersepeda

Setiap pengendara moda transportasi baik pesepeda maupun pengendara kendaraan bermotor juga harus memperhatikan keselamatan semua pihak.

Jangan sampai ada yang menggunakan jalan tanpa memikirkan keselamatan orang lain maupun keselamatan dirinya.

"Jadi bagi semuanya juga sadarilah bahwa jalan ini bukan milik satu jenis moda transportasi," ujar Anies.

Baca Juga: Pemprov DKI dan Polda Metro Jaya Sepakat Pesepeda Road Bike Bisa Keluar Jalur saat Uji Coba

Lebih lanjut Anies Baswedan menjelaskan uji coba road bike di jalan Sudirman-Thamrin sebagai bahan evaluasi dalam membuat kebijakan terkait lintasan bagi pengguna sepeda balap. Termasuk kesiapan petugas di lapangan dalam mengantisipasi kebijakan tersebut.

Pemprov DKI bersama stakeholder juga masih membahas aturan terkait pengguna sepeda jenis road bike boleh keluar dari jalur khusus sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Jadi kita kalau mau bikin aturan, siapkan dulu dokumennya, siapkan dulu aturannya baru diumumkan. Kalau tidak nanti kerepotan di lapangan, jadi kami siapkan aturannya nanti kami umumkan," ujar Anies.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x