Kompas TV nasional berita utama

Nadiem Makarim Ngotot Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli: Tak Ada Tawar Menawar untuk Pendidikan!

Kamis, 3 Juni 2021 | 10:01 WIB
nadiem-makarim-ngotot-sekolah-tatap-muka-dimulai-juli-tak-ada-tawar-menawar-untuk-pendidikan
Ilustrasi pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka di SMKN 1 Depok Sleman. (Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kegiatan pendidikan terutama sekolah tatap muka di Indonesia belum berjalan 100 persen seiring masih terjadinya pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun.

Tak ingin terus-menerus terjadi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim ngotot kegiatan belajar mengajar tatap muka di sekolah-sekolah kembali dibuka pada Juli 2021.

Meski keinginan ini diambil di saat kasus Covid-19 justru sedang melonjak pascalibur Lebaran, namun Nadiem tetap teguh dengan pendiriannya itu.

Ia beralasan bahwa tidak ada hal tawar menawar demi pendidikan. Terlebih kata dia, masa depan Indonesia sangat bergantung pada sumber daya manusia (SDM).

"Tidak ada tawar-menawar untuk pendidikan, terlepas dari situasi yang kita hadapi," kata Nadiem dalam acara yang disiarkan YouTube Kemendikbud RI, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga: Pemkot Tangsel akan Tunda Sekolah Tatap Muka Terbatas jika Ada Lonjakan Kasus Covid-19

Selain itu, sikap Nadiem yang bersikeras memperbolehkan sekolah tatap muka pada Juli nanti sudah disampaikannya dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Senin (31/5/2021).

Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:03
PENGADILAN TIPIKOR VONIS 5,5 TAHUN PENJARA MANTAN PEJABAT BANK BJB DALAM KASUS KREDIT FIKTIF RP 8,7 MILIAR   BMKG PREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH DKI JAKARTA AKAN DIGUYUR HUJAN RINGAN PADA SIANG HINGGA SORE HARI INI   TIMNAS INGGRIS TAKLUKKAN AUSTRIA 1-0 DALAM LAGA UJI COBA PIALA EROPA 2020 DI STADION RIVERSIDE, MIDDLESBROUGH   KEMENLU MALAYSIA LAYANGKAN PROTES DIPLOMATIK KE TIONGKOK TERKAIT INSIDEN 16 PESAWAT MILITER MASUK KE WILAYAHNYA   POLISI UNGKAP PRAKTIK INVESTASI BODONG SENILAI RP 28 MILIAR LEBIH DI KABUPATEN ENDE, NUSA TENGGARA TIMUR   DPR MINTA KEMENHAN PERJELAS RENCANA INDUK PERTAHANAN NASIONAL TERUTAMA TERKAIT DENGAN PENGADAAN ALUTSISTA   JAKSA AGUNG BENTUK SATUAN TUGAS KHUSUS TANGANI KASUS YANG BERKAITAN DENGAN PANDEMI COVID-19   MENDIKBUD RISTEK NADIEM MAKARIM: SEKOLAH TATAP MUKA AKAN TETAP DIMULAI PADA JULI 2021   MENKO PEREKONOMIAN: PEMERINTAH TERUS FOKUS UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN   MENKOP UKM TETEN MASDUKI APRESIASI KEMITRAAN “MARKETPLACE” DARING DENGAN BUMNDES DIGITALISASI UMKM DI JAWA BARAT   KEMENKES: PENYANDANG DISABILITAS DAPAT DILAYANI VAKSINASI COVID-19 DI MANA PUN DI INDONESIA   PEMKOT SURABAYA TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 TAHAP 3 KEPADA ODGJ, WARGA RUSUN, DAN MASYARAKAT PENGHASILAN RENDAH   SEBANYAK 37 GURU DAN TENAGA PENDIDIK SMAN 4 PEKALONGAN, JAWA TENGAH, TERPAPAR COVID-19   BERPOTENSI MUNCULKAN KLASTER COVID-19, RATUSAN LAPAK PKL DI KAWASAN PUNCAK, BOGOR, DIBONGKAR SATPOL PP