Kompas TV regional berita daerah

Kapolri Bakar Semangat Satgas Nemangkawi yang Perangi KKB di Papua: Tak Boleh Kalah!

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 09:03 WIB
kapolri-bakar-semangat-satgas-nemangkawi-yang-perangi-kkb-di-papua-tak-boleh-kalah
Personel Satgas Nemangkawi tengah melakukan pengamanan di Lapangan Terbang Beoga, Puncak, Papua, Kamis (15/4/2021) (Sumber: Dok Humas Satgas Nemangkawi)
Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

PAPUA, KOMPAS.TV- Personel gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Nemangkawi terus memburu  anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua yang saat ini sudah dinyatakan sebagai kelompok teroris.

Untuk membakar semangat personel Satgas Nemangkawi yang ada di lapangan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pun mengirim pesan khusus kepada mereka.

Kapolri meminta agar Satgas Nemangkawi tidak pernah gentar dalam mengejar KKB tersebut. Namun, dalam pengejaran itu, jenderal bintang empat ini meminta kepada seluruh anggotanya untuk selalu melindungi seluruh warga sipil di Papua dari aksi kejam kelompok tersebut.

"Saya perintahkan kepada seluruh anggota satgas yang bertugas, lakukan terus pengejaran terhadap KKB yang ada di Papua, terus berjuang, negara tidak boleh kalah," ujar Kapolri, seperti dikutip KompasTV dari Tribratanews, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga: Terus Buru Teroris KKB di Papua, Masa Operasi Satgas Nemangkawi Bakal Diperpanjang Enam Bulan

Kapolri meminta Satgas Nemangkawi harus terus maju memburu dan menangkap seluruh anggota KKB yang selama ini meresahkan masyarakat Papua dengan melancarkan terornya.

"Kami pimpinan Polri, siap untuk mendukung apapun dalam rangka menegakan hukum di Papua. Kita jaga Papua dari serangan dan tekanan kelompok manapun," tegas mantan Kabareskrim itu.

Terpisah, Kepala Operasi Nemangkawi Brigjen Pol. Roycke Harry Langie mengatakan, teror yang dilancarkan kelompok teroris ini tidak hanya membuat masyarakat yang datang dari luar Papua ketakutan, tetapi orang asli Papua juga merasakan hal serupa.

Menurutnya, Polri dan TNI sebagai garda terdepan penjaga keamanan di Republik Indonesia akan tidak tinggal diam.

Baca Juga: Ini Peran Anggota KKB Papua Anak Buah Terinus Enumbi yang Ditangkap Satgas Nemangkawi di Puncak Jaya

“Menjaga NKRI menjadi harga mati. Kami terus memburu mereka (KKB) dengan segala resiko yang ada. Pengegakkan hukum diatas segala-galanya. Papua harus hidup damai, sejahtera dan keluar dari ancaman serta teror yang terus menerus menakuti masyarakat di Papua,” tegas Roycke Harry.

Seiring dengan pernyataan Kapolri, Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal (Irjenpol) Prabowo Argo Yuwono mengajak kepada para anggota teroris KKB untuk bersama membangun Papua.

"Kami mengajak orang-orang yang ada di sana, mengajak misalnya dari KKB yang mau turun, silakan. Dia ingin bareng-bareng untuk membangun Papua, silahkan," ungkap Irjen Pol. Argo Yuwono, di Mabes Polri, Jakarta.

Lebih lanjut Kadiv Humas menambahkan, bahwa tim gabungan yang telah ditugaskan menumpas gerakan KKB di Papua, tetap akan mengedepankan soft approach dengan cara membuka dialog, ketimbang hard approach.

"Yang terpenting adalah kita melakukan dialog, kita juga melakukan ada di sana namanya Binmas Nokken dan juga Teritorial dari TNI AD, juga dari kepolisian kita bersama-sama di sana memberikan edukasi kepada masyarakat," tandas Argo.

Baca Juga: Terus Buru KKB di Papua, Satgas Nemangkawi: Soal Medan dan Geografis, Mereka Lebih Menguasai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x