Kompas TV nasional hukum

Prediksi Politikus DPR Ini Panglima TNI dari Matra Laut atau Darat

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 08:54 WIB
prediksi-politikus-dpr-ini-panglima-tni-dari-matra-laut-atau-darat
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjadariu pasukan Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI saat diresmikan di Mabes TNI, Cilangkap, Selasa (30/7/2019). (Sumber: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan via Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Tak lama lagi Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menanggalkan jabatan Panglima TNI yang sudah dijabatnya sejak pada 8 Desember 2017. Dia memasuki masa pensiun yang diperkirakan pada akhir tahun ini. 

Seiring berjalannya waktu, bursa pemilihan calon orang nomor satu di TNI kembali memanas. Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono dinilai memiliki peluang paling besar untuk dipilih Presiden Joko Widodo nanti. 

Baca Juga: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Naikkan Pangkat 56 Perwira Tinggi, Berikut Nama-namanya

"Mungkin yang paling kecil adalah (matra) udara, secara sekarang panglimanya udara. Tapi, kalau bagi saya semuanya mempunyai kesempatan yang sama," kata Anggota Komisi I DPR RI Dave Laksono kepada Kompas TV, Kamis (3/6/2021). 

Meski begitu, kata dia, semua matra tetap memiliki peluang yang sama, karena itu merupakan hak prerogatif dari seorang Presiden Joko Widodo dalam memilih Panglima TNI. 

"Kalau dari kacamata kita semua matra itu baik dan layak untuk menjadi panglima TNI yang akan datang. Sekarang tergantung dari pertimbangan-pertimbangan yang presiden miliki," ujarnya. 

Dia menilai, Presiden Joko Widodo sudah memiliki kriteria tersendiri untuk siapa yang akan dipilih sebagai rekan kerjanya nanti dalam mengamankan negara dari ancaman luar negeri. 

"Kita mungkin tidak paham (keinginan presiden) secara gamblang. Misalnya dari faktor rotasi, laut, udara atau darat. Misalnya dari faktor usia. Kalau dari kemampuan semua kepala staf, saya yakin mampu," kata dia. 

Sebelumnya, Pengamat militer Aris Santoso pernah menyebut, Jenderal Andika paling berpeluang menjadi Panglima TNI selanjutnya, terutama karena kepopulerannya di media.

Selain itu, Andika dianggap berhasil melakukan berbagai terobosan.

“Andika berhasil memberi solusi cepat bagi problem berlarut di TNI AD, yaitu surplus pati yang sudah berlangsung bertahun-tahun,” tulis Aris Santoso dalam kolom DW.

Meski begitu, Andika Perkasa sering disangkutpautkan terkait hubungannya sebagai menantu mantan Kepala BIN AM Hendropriyono.

Baca Juga: Video Ketegasan KSAD Andika Perkasa Viral Jelang Panglima TNI Hadi Tjahjanto Pensiun

Sejauh ini, Panglima TNI memang paling banyak berasal dari Angkatan Darat, yaitu berjumlah 4 orang. 

Sementara, Panglima TNI dari Angkatan Udara dan Angkatan Laut masing-masing berjumlah 2 orang.

Bila mengikuti tradisi bergiliran, saat ini mestinya Panglima TNI berasal dari Angkatan Laut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x