Kompas TV nasional peristiwa

Kemnaker Dorong Manajemen dan Pekerja Idomaret Group Selesaikan Konflik Lewat Dialog

Kompas.tv - 3 Juni 2021, 07:59 WIB
kemnaker-dorong-manajemen-dan-pekerja-idomaret-group-selesaikan-konflik-lewat-dialog
Ilustrasi Gerai Indomaret (Sumber: Kontan.id)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali mendorong serikat buruh/serikat pekerja (SP/SB) dan manajemen PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) untuk menyelesaikan masalah ketenagakerjaan di perusahaan tersebut dengan mengedepankan musyawarah mufakat.

Chairul Fadhly Harahap, Kepala Biro Humas Kemnaker, meyakini permasalahan yang menimpa Anwar Bessy, pekerja Indomaret, dengan PT Indomarco Prismatama, selaku pengelola ritel Indomaret, dapat diselesaikan secara dialog.

"Kemnaker terus mendorong kedua pihak menyelesaikan perselisihan ketenagakerjaan dengan hati yang tenang dan pikiran yang lapang, untuk mencari solusi terbaik yang menguntungkan kedua belah pihak," ujar Chairul melalui siaran pers Humas Kemnaker, Rabu (2/6/2021).

Baca Juga: KSPI Jelaskan Empat Tuntutan Buruh kepada Indomaret pada Unjuk Rasa Hari Ini

Menurut Chairul, dialog tersebut bertujuan menjaga hubungan industrial yang harmonis dan kondusif.

"Prioritaskan dialog untuk mencari win-win solution terbaik," katanya.

Kata Chairul, situasi pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap kondisi perekonomian yang sulit mesti dijadikan momentum. Kondisi itu, kata dia, selayaknya menjadi momen bagi semua pihak bersatu, saling memahami, dan saling mendukung.

Chairul percaya kedua pihak memiliki iktikad baik untuk menuntaskan persoalan ketenagakerjaan.

"Sekali lagi, Kemnaker terus mendorong perselisihan di Indomarco untuk dicarikan solusi bersama melalui dialog secara bipartit antara kedua pihak," terang Chairul.

Baca Juga: Buruh Gelar Unjuk Rasa dan Serukan Boikot Produk Indomaret

Sebelumnya, (27/5/2021), buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan kampanye boikot Indomaret.

Boikot diawali dengan aksi perdana buruh yang digelar di depan PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) yang berlokasi di Ancol.

Lokasi tersebut merupakan tempat kerja Anwar Bessy selaku pegawai yang dipidanakan karena merusak fasilitas kantor saat memprotes pembayaran THR yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Hari ini baru mulai kampanye boikot Indomaret di depan kantor PT Indomarco, Ancol," kata Presiden KSPI Said Iqbal.

Baca Juga: Kemnaker Tindak Lanjuti Laporan Masalah THR Indomaret



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x