Kompas TV regional berita daerah

Hari Lahir Pancasila, Imigrasi Parepare Layani Pemohon Dengan Mengenakan Pakaian Adat

Kompas.tv - 2 Juni 2021, 15:15 WIB
hari-lahir-pancasila-imigrasi-parepare-layani-pemohon-dengan-mengenakan-pakaian-adat
Dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Kantor Imigrasi (Kanim) TPI Parepare selain melaksanakan kegiatan mengikuti secara langsung upacara peringatan virtual yang dipimpin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo, juga melakukan kegiatan pelayanan paspor simpatik (Sumber: kanwilkumham sulsel)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Kantor Imigrasi (Kanim) TPI Parepare selain melaksanakan kegiatan mengikuti secara langsung upacara peringatan virtual yang dipimpin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo, juga melakukan kegiatan pelayanan paspor simpatik (01/06/2021). 

Pada kegiatan upacara tersebut, para pejabat dan pegawainya memakai pakaian adat nasional. Hal unik juga dilakukan oleh Petugas keimigrasian Parepare dalam memberikan layanan paspor yang juga mengenakan pakaian adat. Demikian keterangan Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulsel Dodi Karnida, Selasa (01/06). 

“Ciri pelayanan paspor simpatik itu berupa pelayanan pada hari libur dan para pegawainya memakai pakaian adat nasional. Kemudian pada kesempatan tadi, Kanim Parepare menyediakan hadiah menarik bagi beberapa pemohon dari kuota sebanyak 30 pemohon paspor baru atau paspor penggantian,” Kata Dodi. 

Menurut data dari Kanim Parepare, Pengeluaran paspor dari Januari sampai 31 Mei 2021 sebanyak 932 paspor dengan rincian 571 laki-laki dan 361 perempuan. 

"Pemohon hari ini sebanyak 13 orang, yaitu 9 laki-laki dan 4 perempuan. Hadiah disediakan sebanyak 3 untuk 3 orang pemohon yang menjawab dengan benar pertanyaan seputar Pancasila dan Imigrasi," Ungkap Dodi. 

Pada saat yang sama, Petugas Keimigrasian Parepare juga melakukan pemeriksaan 20 orang WN Filipina yang merupakan awak kapal pengangkut barang (Sumber: kanwilkumham sulsel)

Pada saat yang sama, Petugas Keimigrasian Parepare juga melakukan pemeriksaan 20 orang WN Filipina yang merupakan awak kapal pengangkut barang. Pemeriksaan ini dilakukan oleh 3 orang pegawai dengan melakukan pemeriksaan keimigrasian (immigration clearance) bagi 20 orang Warga Negara Filipina awak kapal MV. MEDI NORFOLK yang berlabuh di Pelabuhan Garongkong, Kab. Barru. 

Pemeriksaan atas kapal asing ini melibatkan CIQ (Custom, Immigration and Quarantine) dan tentu saja melaksanakan prosedur protokol kesehatan. “Kapal itu datangnya kosong dan akan mengangkut/ekspor bahan baku semen (Clinker) ke Peru seberat 55.000 ton,” Tutup Dodi usai melaksanakan upacara Hari Lahir Pancasila di Kanwil Kemenkumham Sulsel.

#IMIGRASI
#HARIPANCASILA
#KANWILKUMHAM

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x