Kompas TV regional peristiwa

Malam Ini, Akan Ada Buka Tutup Jalur di Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.tv - 2 Juni 2021, 12:16 WIB
malam-ini-akan-ada-buka-tutup-jalur-di-tol-jakarta-cikampek
Pembangunan proyek Kereta Cepat Jakkarta-Bandung (Sumber: KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mulai nanti malam, akan ada buka tutup jalur di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Jakarta. Yaitu mulai Rabu (02/06/2021) pukul 22.00 WIB hingga Kamis (03/06/2021) pukul 04.00 dini hari.

Hal itu dilakukan karena ada pembongkaran girder jembatan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung milik PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Tepatnya, di Km 5+450 sepanjang 22 meter yang melintang di atas jalur utama ruas Jalan Tol Japek.

Pihak Jasa Marga Trans Jawa Tollroad Regional Division (JTTRD) menjelaskan, proses buka tutup jalur akan dilakukan setiap 30 menit.

"Pada saat pelaksanaan pembongkaran girder jembatan akan dilakukan pengaturan lalu lintas dengan skema buka tutup lajur. Lajur utama ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta akan ditutup sementara selama 30 menit," kata GM Representative Office 1 JTTRD Widiyatmiko Nursejati, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (01/06/2021).

Baca Juga: Fakta Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kereta Cepat Pertama di Indonesia

Meski ada buka tutup jalur, kendaraan tetap bisa melintas karena ada pengalihan arus (contraflow) mulai dari Km 5+800 sampai dengan Km 3+100.

Pihak JTTRD sudah bekerja sama dengan pihak KCIC dan kepolisian, dengan memasang spanduk atau rambu informasi lalu lintas aktivitas konstruksi selama berada di jalan tol dan juga pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area pekerjaan.

Untuk mengantisipasi kepadatan, mereka juga sudah memasang rambu-rambu lalu lintas sesuai, menyiapkan petugas safety dan flagman untuk mengatur lalu lintas, serta memonitor dan mengontrol seluruh rambu lalu lintas di area konstruksi.

Baca Juga: Jokowi Berharap, Kereta Cepat Dapat Terintegrasi dengan LRT dan MRT

Sosialisasi juga dilakukan dengan memasang media luar ruang di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek maupun arah Jakarta.

"Kami memohon maaf kepada pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan pembongkaran girder jembatan dimaksud. Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," tandasnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x