Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Citilink Layani Penerbangan di Bandara Purbalingga Mulai Besok

Kompas.tv - 2 Juni 2021, 12:06 WIB
citilink-layani-penerbangan-di-bandara-purbalingga-mulai-besok
Pesawat ATR 72-600 milik maskapai Citilink melakukan pendaratan dan penerbangan di Bandara Jenderal Besar Sudirman, Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa (1/6/2021) (Sumber: (KOMPAS.COM/MOHAMAD IQBAL FAHMI))
Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

PURBALINGGA, KOMPAS.TV- Citilink akan menjadi maskapai pertama yang akan terbang dari Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Purbalingga, Jawa Tengah. Citilink akan melayani 2 rute penerbangan mulai pekan ini.

Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, seluruh persiapan operasional Bandara Purbalingga sudah selesai.

Diantaranya fasilitas pelayanan bandara dan keadaan darurat, dokumen pedoman operasional bandara, program keamanan bandara hingga informasi terkait sertifikasi.

"Dari seluruh parameter yang telah kita ukur, dari sejak 25 Mei 2021 sampai dengan hari ini menunjukan semua standar pengoperasian Bandara JBS dapat direalisasikan dengan baik, Oleh karena itu bandara ini dalam status in active operation," kata Awalludin dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (02/06/2021).

Baca Juga: Hasil Tes Antigen Calon Penumpang Diprotes, Pengelola Bandara Palembang Minta Maaf

"Kami berterimakasih kepada Citilink yang nanti jika tidak ada halangan akan memulai penerbangan komersial perdananya pada 3 Juni 2021," tambahnya.

Pada Kamis (03/06/2021) besok, Citilink akan melakukan penerbangan komersial perdana dengan rute Bandara Juanda Surabaya – Purbalingga – Halim Perdanakusuma Jakarta.

Kemudian akan kembali lagi dari Jakarta menuju Bandara Purbalingga dan akhirnya kembali ke Juanda Surabaya.

Menurut Awalludin, sebenarnya ada sejumlah maskapai lain yang akan membuka rute penerbangan dari dan ke Bandara Purbalingga. Namun mereka masih dalam tahap persiapan.

Baca Juga: Tol Cijago Seksi Kukusan-Cinere Dibangun, Jagorawi ke Bandara Soetta Jadi Lebih Cepat

Salah satunya adallah Wings Air dari Lion Group yang akan menggunakan pesawat bermesin baling baling turbo propeler.

"Sudah ada cuma mereka perlu melakukan Pengajuan kepada regulator dalam hal ijin rute dan flight aprovel. Tugas Operator bandara adalah menyediakan slot penerbangan, karena ini (bandara) masih baru maka kami menyatakan tidak ada masalah dengan hal itu," ujar Awalludin.

Ia menilai, Bandara Purbalingga punya potensi yang besar. Selama sosialisasi dijalankan dengan baik dan juga di dukung boleh kepala daerah. Antusiasme masyarakat juga terlihat dari tingkat okupansi diatas 70 persen, cukup tinggi untuk Bandara yang baru dibuka.

"Di tahap awal tingkat okupansi cukup tinggi maka kita perlu jaga dan kita maintenance, agar selalu meningkat apalagi ini mendekati momet liburan," tuturnya.

Baca Juga: Bandara Soedirman di Purbalingga Siap Beroperasi

Kemarin (01/06/2021), PT Angkasa Pura II mengaktifkan Bandara Purbalingga, ditandai dengan pendaratan pesawat baling-baling jenis turboprop ATR 72-600 milik Citilink dari Bandara Juanda Surabaya.

Pesawat tersebut mengangkut pejabat Angkasa Pura II dan Citilink guna melakukan proving flight.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x