Kompas TV nasional kesehatan

Wamenlu Amerika Serikat Bahas Distribusi Vaksin Untuk ASEAN

Kompas.tv - 1 Juni 2021, 23:10 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Penanganan pandemi dan distribusi vaksin untuk negara di Asia Tenggara menjadi sorotan Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Wendy Sherman, saat berkunjung ke Jakarta, kemarin (31/05/2021).

Wendy Sherman mengatakan bahwa sebelumnya sudah ada usaha besar Amerika untuk memberi dukungan, seperti dukungan finansial untuk COVAX sebagai donatur terbesar sejauh ini dan salah satunya adalah 6 juta dosis untuk Indonesia melalui dukungan Amerika Serikat.

Seperti yang dikatakan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden sebelumnya, Wamenlu AS ini menyatakan bahwa pada akhir Juni Amerika Serikat akan mendonasikan 80 juta dosis, bukan untuk Indonesia saja, melainkan juga untuk seluruh dunia. Presiden Amerika Serikat juga berkomitmen untuk meningkatkan produksi vaksin. 

Wamenlu AS juga mengatakan bahwa menurut para ilmuwan, pendistribusian vaksin harus memiliki alasan, seperti tempat-tempat yang paling membutuhkan, lalu beralih ke tempat lain yang juga sangat membutuhkan.

Selain itu, apapun hubungan yang dimiliki dengan AS, pihaknya ingin membantu untuk mengakhiri pandemic covid-19 dan mengawal upaya tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x