Kompas TV klik360 sinau

Cara Menghindari Jebakan Pinjol Ilegal, Simak Tipsnya Agar Tidak Terjerat

Selasa, 1 Juni 2021 | 20:30 WIB

KOMPAS.TV - Fintech Peer To Peer (P2P) lending alias Pinjaman Online (Pinjol) ilegal semakin meresahkan.

Melansir Kompas.com, sebanyak 3.193 pinjol ilegal sudah diblokir Satgas Waspada Investasi (SWI).

Pinjol ilegal memanfaatkan kondisi keuangan yang sulit, dengan memberikan nominal bunga pinjaman yang tinggi dan tidak masuk akal dengan jangka waktu pendek.

Pinjol ilegal juga tak segan untuk mengakses kontak telepon peminjam untuk meneror saat peminjam tak mampu bayar karena tingginya pinjaman.

Bagaimana cara menghindar dari jebakan pinjol ilegal?

1. Akses pinjol legal

Sebelum melakukan pinjaman, pastikan memilih pinjol legal yang memiliki izin dan terdaftar di OJK.

Pinjol berizin/terdaftar di OJK sudah mematuhi aturan yang ditetapkan. Untuk mengetahui daftar pinjaman online legal yang terdaftar OJK, bisa diakses melalui:

- Kontak OJK di 157

- Layanan WhatsApp 081-157-157-157

- Website ojk.go.id

2. Jangan akses link sembarangan

Jangan mengakses link sembarangan ketika mendapat penawaran dana mudah, maupun ketika menerima informasi tagihan padahal tidak pernah meminjam apapun sebelumnya.

Link itu bisa dimanfaatkan pinjol ilegal untuk mencuri dan menyalahgunakan data pengguna untuk kepentingan yang merugikan.

3. Jaga data pribadi

Jangan memberi data pribadi kepada siapapun tanpa alasan yang jelas.

Data pribadi yang harus dijaga antara lain nomor KTP, nomor rekening, hingga nomor telepon.

4. Hati-hati memasang aplikasi

Jangan pernah memasang aplikasi pinjol ilegal di ponsel. Pinjol ilegal mencuri data pribadi dengan cara menanamkan fitur-fitur semacam spyware pada aplikasi yang dipasang oleh pengguna di perangkatnya.

Jika terjerat atau nama Anda dicatut oleh pinjol ilegal, jangan lupa untuk segera lapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

(*)

Grafis: Arief Rahman

Penulis : Gempita Surya

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Kebanjiran Petani Sorong Gagal Panen

Sabtu, 25 September 2021 | 11:08 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
11:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19