Kompas TV internasional kompas dunia

Masih Terapkan Embargo, AS Jual Minyak dari Kapal Iran yang Disita

Selasa, 1 Juni 2021 | 10:21 WIB
masih-terapkan-embargo-as-jual-minyak-dari-kapal-iran-yang-disita
Kapal Tanker Mt Achilleas milik Iran yang disita AS (Sumber: Fleetmon.com)

HOUSTON, KOMPAS.TV- Amerika Serikat dikabarkan menjual minyak mentah yang diangkut oleh kapal tanker Iran, MT Achilleas. Kapal tersebut disita oleh korps penjaga pantai AS di pelabuhan Fujairah, Uni Emirat Arab pada Februari lalu.

AS menduga minyak itu akan digunakan oleh satuan paramiliter Iran, Korps Garda Revolusi, untuk dijual ke China dan membiayai kegiatan mereka. Iran mencoba mengelabui petugas pelabuhan dengan menyatakan minyak mentah itu adalah jenis 'Basra Light', yang berasal dari salah satu daerah di Irak.

Mengutip Associated Press, Selasa (01/0/6/2021), kapal MT Achilleas lantas dibawa ke Houston, Texas. Kemudian seluruh muatannya yang berjumlah 2 juta barrel dijual seharga 110 juta dollar AS (sekitar Rp1,5 triliun). Hal itu terungkap dalam data dokumen Badan Informasi Energi AS.

Baca Juga: 4 Bulan Ditahan karena Diduga Jual Beli BBM Ilegal, Kapal Tanker Iran dan China Dibebaskan Bakamla

Padahal, AS saat ini menerapkan embargo energi supaya Iran tidak bisa menjual minyak bumi kepada siapapun. Di kepemimpinan Trump, AS  menetapkan Korps Garda Revolusi Iran sebagai kelompok teroris.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, mengatakan belum mengetahui tentang penjualan minyak kapal MT Achilleas.

"Sejak masa pemerintahan Presiden Bill Clinton, mereka tidak pernah membeli minyak kami karena aturan yang mereka tetapkan," kata Khatibzadeh.

Dulu, Iran adalah salah satu pengekspor minyak ke AS. Di puncak hubungan kedua negara, sekitar 1977, AS mengimpor 26,5 juta barrel minyak dari Iran hingga akhir masa kepemimpinan mendiang Shah Mohammad Reza Pahlevi.

Baca Juga: Dituduh Iran Lakukan Kegiatan Mata-Mata, Prancis Lontarkan Kecaman

Setelah Shah Reza tumbang pada 1979, AS sama sekali tidak mengimpor minyak dari negara itu. Namun kemudian penjualan minyak Iran ke AS perlahan berlanjut dalam jumlah terbatas. Hingga 1987, AS kembali menerapkan embargo karena Iran terlibat perang dengan Irak dan menargetkan kapal tanker di Teluk.

Penulis : Dina Karina | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19