Kompas TV nasional sosial

Kenakan Baju Adat Tanah Bumbu, Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kompas.tv - 1 Juni 2021, 09:44 WIB
kenakan-baju-adat-tanah-bumbu-jokowi-pimpin-upacara-peringatan-hari-lahir-pancasila
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar pada Selasa (1/6/2021). (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar pada Selasa (1/6/2021).

Berdasarkan pantauan KOMPAS TV dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan diselenggarakan secara virtual, mengingat Indonesia masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Pada upacara tersebut Jokowi tampak memakai jas bewarna hitam dengan ornamen emas, ditambah dengan Sarung Tenun khas Pagatan yang melingkar di pinggang serta kain tenun bewarna hijau sebagai penutup kepala.

Adapun pakaian yang dikenakan oleh Kepala Negara yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) ini merupakan baju adat Tanah Bumbu.

Tanah Bumbu merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Tantangan yang Dihadapi Pancasila Tidak Semakin Ringan

Diketahui, baju adat Tanah Bumbu ini juga sempat Jokowi kenakan dalam pada HUT Kemerdekaan ke-72 RI.

Dalam sambutannya Presiden RI ini mengungkapkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini harus benar-benar  dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Meskipun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan masyarakat Tanah Air, namun Jokowi berpendapat sepanjang republik Indonesia ini berdiri tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. 

“Globalisasi dan interaksi antarbelahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” kata Jokowi dari Istana Kepresidenan di Bogor, Selasa (1/6/2021).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x