Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Izinkan Tamu Masuk Bila Sudah Vaksinasi dan Bersertifikat

Kompas.tv - 1 Juni 2021, 08:08 WIB
arab-saudi-izinkan-tamu-masuk-bila-sudah-vaksinasi-dan-bersertifikat
Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi GACA mengumumkan, tamu yang masuk Arab Saudi dan sudah menjalani vaksinasi penuh Covid-19 tidak perlu menjalani karantina setibanya di Arab Saudi, seperti dilansir Arab News, Selasa, (01/06/2021). (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

JEDDAH, KOMPAS.TV - Otoritas Penerbangan Sipil Arab Saudi GACA mengumumkan, tamu yang masuk Arab Saudi dan sudah menjalani vaksinasi penuh Covid-19 tidak perlu menjalani karantina setibanya di Arab Saudi, seperti dilansir Arab News, Selasa, (01/06/2021). 

Namun ada syaratnya, yaitu memiliki sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan dan diakui pemerintah negara asal. 

Sementara GACA mensyaratkan tujuh hari karantina bagi tamu asing yang belum menjalani vaksinasi.

Selain itu bagi Arab Saudi,  vaksin Covid-19 yang diakui kerajaan adalah buatan Pfizer-BioNTech, Moderna, Oxford-AstraZeneca, dan Johnson&Johnson. 

Menanggapi berbagai kabar tentang vaksin Covid-19 yang beredar di kalangan rakyat Arab Saudi dan sebagian kecil negara berpenduduk Muslim,  juru bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Dr. Muhammad Al-Abd Al-Aly menegaskan vaksin Covid-19 aman, efektif dan sangat diperlukan untuk perlindungan diri. 

Al-Aly heran informasi sesat tentang vaksin Covid-19 mendapat tanggapan yang meluas sehingga mengancam bagi orang lain dan menghambat upaya mencapai kekebalan kelompok. 

Hari Senin (31/5/2021) Arab Saudi melaporkan penambahan 15 kematian akibat Covid-19, sehingga total Arab Saudi mencatat 7.362 kematian akibat Covid-19.

Kerajaan itu juga mencatat 1,245 kasus penularan baru, membuat total penularan yang tercatat menjadi 450,436 kasus.

Baca Juga: Arab Saudi Izinkan Masuk Pelancong dari 11 Negara, AS dan Inggris Termasuk di Antaranya

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman saat menerima vaksin pertama pada Jumat (25/12/2020) (Sumber: Saudi Press Agency (SPA))

Saat ini Arab Saudi memiliki 9. 661 kasus aktif dengan 1. 438 dalam kondisi kritis. 

Dari kasus penularan terbaru, 428 kasus terdapat di wilayah Makkah Al Mukaromah, 313 kasus di wilayah Riyadh, 155 kasus di wilayah propinsi sebelah Timur, dan 99 kasus di wilayah Madinah. 

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengatakan sudah 1,275 orang yang pulih dari Covid-19 beberapa waktu terakhir, membuat angka kepulihan menjadi 433,431 orang. 

Sementara 19,214,578 test Covid-19 metode PCR sudah dilakukan sejauh ini dimana 92,458 tes dilakukan dalam 24 jam terakhir. 

Pusat pengujian dan pusat perawatan Covid-19 di Arab Saudi (Taakad) telah menangani ratusan ribu orang sejak terjadi pandemi. Pusat  Taakad   menyediakan tes bagi mereka yang tidak menunjukkan gejala atau mengalami gejala ringan, atau mereka yang yakin telah kontak erat dengan individu yang terinfeksi.

Arab Saudi sejauh ini telah memvaksinasi 14.146.363 orang. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.