Kompas TV nasional politik

Survei: Partai Ummat Besutan Amien Rais Mampu Menyaingi Partai Berbasis Islam Lain

Kompas.tv - 1 Juni 2021, 06:35 WIB
survei-partai-ummat-besutan-amien-rais-mampu-menyaingi-partai-berbasis-islam-lain
Pendiri Partai Ummat Amien Rais memperkenalkan logo parta baru yang digagasnya, Selasa (10/11/2020). (Sumber: YouTube Amien Rais Official )
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Ummat yang didirikan oleh politikus senior Amien Rais, dinilai mampu menyalip partai berbasis Islam yang sudah ada. Hal itu diungkapkan dalam hasil survei platform Nyari Presiden (Nyapres2024).

Survei menunjukkan Partai Ummat dan Partai Gelora besutan Fahri Hamzah mulai berada di posisi yang menguntungkan. 

Sekjen Nyapres 2024, Bayu Adi Permana menyebutkan,  partai  basis konstituen Islam yang paling diharapkan menang di Pemilu 2024 adalah PKS dengan 42,14 persen, PKB dengan 19,92 persen, PAN dengan 11,45 persen, Partai Ummat 11,07 persen, PPP 7,71 persen, Partai Gelora 4,89 persen dan PBB 2,82 persen.

Baca Juga: Mahfud Berharap Partai Ummat jadi Darah Segar Perkembangan Demokrasi Indonesia


"Menariknya,  partai baru seperti Partai Ummat dan Partai Gelora lebih diharapkan menang dibanding partai lama seperti PPP dan PBB," ujar Bayu dalam keterangannya, Senin (31/5/2021).

Partai Ummat dideklarasikan pada  akhir April lalu, di pertengahan Ramadan. Sebagian pengurus Partai Ummat mantan kader Partai Amanat Nasional (PAN). Sementara Partai Gelora didirikan Pada November 2019. Dua pentolan Partai Gelora yaitu Fahri Hamzah dan Anis Matta adalah mantan petinggi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 


Survei ini juga menunjukkan bahwa partai berbasis agama masih memiliki pengaruh dan pemilih pada 2024 mendatang.

Survei yang dilakukan dengan metode wawancara secara online ini, menyodorkan pertanyaan disusun dan ditempatkan pada sistem data based tertentu sehingga responden dapat mengisi dan memberikan pendapatnya secara online. 

Kuisioner disebarkan menggunakan jejaring media sosial (FB dan WA) melalui iklan Facebook dengan pilihan kategori penerima iklan yakni lokasi (sebaran provinsi responden) dan usia minimal 17 tahun.

Baca Juga: Pendiri Partai Ummat Jelaskan Soal Tudingan Amien Rais tentang Isu Masa Jabatan Jokowi 3 Periode


Survei ini mengambil sampel 1.310 responden yang tersebar di 32 provinsi. Margin of error +/- 2,8% dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Proses pengumpulan data dilaksanakan dari tanggal 17 April-10 Mei 2021 secara online.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x