Kompas TV internasional kompas dunia

Prancis dan Jerman Tuntut Amerika Serikat dan Denmark Jelaskan Berita Penyadapan Atas Mereka

Selasa, 1 Juni 2021 | 04:45 WIB
prancis-dan-jerman-tuntut-amerika-serikat-dan-denmark-jelaskan-berita-penyadapan-atas-mereka
Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel (kanan) pada sesi KTT online virtual di Berlin, pada 31 Mei 2021. (Sumber: Straits Times via AFP)

PARIS, KOMPAS.TV - Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel menuntut pemerintah AS dan Denmark untuk memberikan penjelasan atas berita Washington memata-matai sekutu Eropa dengan bantuan Denmark pada tahun 2012 to 2014.

Seperti dilansir Straits Times, Selasa (01/06/2021), Presiden Prancis Emanuele Macron setelah KTT online Prancis-Jerman berkata, "Ini tidak dapat diterima antara sekutu, dan apalagi antara sekutu dan mitra Eropa,"

"Saya terikat pada ikatan kepercayaan yang menyatukan Eropa dan Amerika," kata Macron, menambahkan "tidak ada ruang untuk kecurigaan di antara kami."

"Itulah mengapa kami menunggu kejelasan sepenuhnya. Kami meminta Denmark dan Amerika Serikat memberikan semua informasi tentang pengungkapan dan fakta-fakta masa lalu ini. Kami menunggu jawaban," katanya.

Menegaskan posisinya, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan dia "hanya bisa setuju" dengan komentar pemimpin Prancis itu.

Baca Juga: Berita Amerika Serikat Dibantu Denmark Mata-Matai Pemimpin Jerman, Swedia dan Perancis Goncang Eropa

Kanselir Jerman Angela Merkel. Badan Keamanan Nasional NSA Amerika Serikat dibantu Badan Intelijen Pertahanan Denmark diberitakan memata-matai para politisi senior negara tetangga, termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel (Sumber: Xinhua/Shan Yuqi)

Dalam laporan investigasi pada hari Minggu, lembaga penyiaran publik Denmark Danmarks Radio (DR) dan media Eropa lainnya melaporkan Badan Keamanan Nasional AS NSA menyadap dan menguping kabel internet bawah laut Denmark dari 2012 hingga 2014 untuk memata-matai politisi top di Jerman, Swedia, Norwegia dan Prancis.

NSA dapat mengakses pesan teks, panggilan telepon dan lalu lintas internet termasuk pencarian, obrolan dan layanan pesan - termasuk milik Merkel, menteri luar negeri Jerman saat itu Frank-Walter Steinmeier dan pemimpin oposisi saat itu Peer Steinbruck, kata DR.

Merkel pada pertemuan puncak itu mengatakan dia "diyakinkan" pernyataan resmi pemerintah Denmark, terutama dari Menteri Pertahanan Trine Bramsen, yang mengutuk tindakan tersebut.

“Selain membangun fakta, ini merupakan titik awal yang baik untuk sampai pada hubungan yang benar-benar dilandasi rasa saling percaya,” ujarnya.

Penulis : Edwin Shri Bimo

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:35
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19