Kompas TV internasional kompas dunia

Menyebar Luas di India, Kasus Jamur Hitam Kini Terdeteksi di Mesir

Kompas.tv - 31 Mei 2021, 23:09 WIB
menyebar-luas-di-india-kasus-jamur-hitam-kini-terdeteksi-di-mesir
Seorang dokter di India tengah memeriksa gejala infeksi mucormycosis atau Jamur Hitam pada seorang pasien di sebuah rumah sakit di Mumbai, India, Selasa (25/5/2021). (Sumber: AP Photo/Rafiq Maqbool)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

KAIRO, KOMPAS.TV – Kasus Jamur Hitam yang melanda India, kini sudah mencapai Mesir. Negara di Afrika utara itu dilaporkan mengalami kasus Jamur Hitam, kendati jumlah masih sangat sedikit dan tengah ditangani.  

Melansir Associated Press, infeksi jamur hitam yang disebut dengan mucormycosis itu terhitung relatif jarang. Namun, para dokter menduga, peningkatan infeksi yang tiba-tiba di India dapat semakin memperumit upaya memerangi pandemi.

Baca Juga: Infeksi Spora Jamur Hitam Menjangkiti Hampir 9.000 Orang, India Tetapkan Status Epidemi

“Sejumlah kasus (Jamur Hitam) muncul, tapi dalam jumlah yang sangat sedikit, dan tengah didiagnosa dan ditangani,” kata Dr Ehab Kamal, asisten pendidikan kedokteran untuk Menteri Kesehatan Mesir dalam konferensi pers di Kairo, Senin (31/5/2021).

Penanganan terhadap para pasien kasus infeksi Jamur Hitam di Mesir, kata dokter Kamal, “Dimulai setelah berkonsultasi dengan dokter THT, dokter saraf, juga dokter mata.”

Baca Juga: Di Tengah Lonjakan Kasus Jamur Hitam, India Juga Waspadai Infeksi Jamur Putih dan Jamur Kuning

“Obat-obatan tersedia dan pasien dalam beberapa kasus sudah sembuh dari penyakit itu karena diagnosa dini memberikan kita kesempatan untuk mengendalikan penyakit,” tambahnya.

“Ada beberapa kasus sebelum Covid-19 dan sesudah Covid-19, tapi jumlahnya tidak banyak di Mesir,” imbuh Dr. Hossam Hosni, kepala komite ilmiah untuk memerangi virus corona di Mesir.

Baca Juga: Setelah Jamur Hitam, India Temukan Infeksi Jamur Aspergillosis pada Pasien Covid-19 yang Baru Sembuh

Para dokter di India tengah berjuang mengatasi infeksi jamur mematikan yang memengaruhi para pasien Covid-19 dan mereka yang telah sembuh dari penyakit itu di tengah lonjakan wabah Covid-19.

Mucormycosis disebabkan oleh paparan jamur mucor, yang umumnya ditemukan di tanah, udara, bahkan di hidung dan lendir manusia. Infeksi ini menyebar melalui saluran pernapasan dan mengikis struktur wajah.

Baca Juga: Sebagian Pasien Covid-19 Terinfeksi Jamur Hitam di India Alami Rusak Mata, Ada yang Sampai Permanen

Terkadang, dokter bahkan harus mengoperasi dan mengangkat mata pasien penyakit Jamur Hitam untuk menghentikan infeksi mencapai otak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x