Kompas TV internasional kompas dunia

Lonjakan Kasus Covid 19 Meningkat, China Putuskan Guangzhou Di-lockdown

Kompas.tv - 31 Mei 2021, 16:56 WIB
lonjakan-kasus-covid-19-meningkat-china-putuskan-guangzhou-di-lockdown
Seorang pekerja medis memberikan suntikan vaksin virus korona kepada seorang pasien di fasilitas vaksinasi di Beijing, Jumat, 15 Januari 2021. (Sumber: AP Photo/Mark Schiefelbein)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

SHANGHAI, KOMPAS.TV – China mengunci total (lockdown) di salah satu kawasan kota di Guangzhou setelah terjadi lonjakan kasus Covid-19.

China melaporkan, pada Senin, terjadi lonjakan kasus infeksi Covid-19 di wilayah selatan negara tersebut. Dalam sepekan terakhir, terdapat 20 kasus lokal baru di kota Guangzhou.

Adapun, 18 di antaranya ditemukan di kota Guangzhou dan dua di kota Foshan, berdasarkan keterangan dari otoritas kesehatan di provinsi Guangdong.

Sementara itu, Biro Kesehatan Kota Guangzhou pada Sabtu (29/5/2021) mengidentifikasi lima jalan di distrik Liwan di pusat kota sebagai daerah berisiko tinggi. Pemerintah setempat pun memerintahkan penduduk untuk tidak keluar rumah sampai pengujian Covid-19 dari rumah ke rumah selesai.

Baca Juga: Epidemiolog: Malaysia Lockdown, Indonesia Harus Waspada!

Fasilitas publik seperti pasar, sekolah, dan tempat hiburan di daerah tersebut pun ditutup.

Wabah kecil di Guangzhou diyakini terkait dengan seorang wanita berusia 75 tahun yang dites positif untuk varian virus corona yang pertama kali diidentifikasi di India.

Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok mencatat, hingga kini China memiliki 91.061 kasus Covid-19 dan 4.636 kematian.

Baca Juga: Malaysia Lockdown Total, Hanya 17 Sektor Esensial yang Diizinkan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x