Kompas TV regional wisata

Kawasan Destinasi Wisata Alam Ujung Kulon Kembali Dibuka untuk Wisatawan

Kompas.tv - 31 Mei 2021, 16:24 WIB
kawasan-destinasi-wisata-alam-ujung-kulon-kembali-dibuka-untuk-wisatawan
Salah satu destinasi wisata di Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten (Sumber: dispar.bantenprov.go.id/)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Hariyanto Kurniawan

PANDEGLANG, KOMPAS.TV - Kawasan destinasi wisata alam Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten kembali dibuka untuk wisatawan mulai 28 Mei 2021.

"Ya benar, Taman Nasional Ujung Kulon sudah dibuka lagi mulai hari ini," ujar Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Anggodo, dikutip dari Kompas.com, Senin (31/5/2021).

Adapun sebelumnya, Ujung Kulon menutup sementara destinasi wisata pasca libur Lebaran hingga 30 Mei lalu yang termaktub dalam Surat Edaran dengan nomor SE.04/T.12/TU/P3/5/2021.

Baca Juga: Pesona Wisata Sungai Ombak

Keputusan untuk membuka kembali kunjungan sebetulnya sudah direncanakan sejak 24 Mei 2021, namun karena mengalami kendala baik teknis dan administrasi baru dapat dibuka pada 28 Mei 2021 lalu.

"Awalnya memang kami akan mempercepat proses reaktivasi kunjungan. Namun kami masih menunggu instruksi bupati terkait instruksi gubernur. Tapi ternyata bupati tidak mengeluarkan instruksi lanjutan, dan mengacu kepada instruksi gubernur saja. Tanggal 24 Mei SE TNUK dibuat, tapi hari ini tanggal 28 Mei baru diedarkan," kata Humas Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Andri Firmansyah, beberapa waktu lalu.

Meski Bupati Pandeglang belum mengeluarkan surat edaran baru, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang. Dalam hal ini, TNUK mendapat izin lantaran termasuk objek wisata dalam zona hijau dan kuning.

Baca Juga: Off Roader Promosikan Pariwisata Sulsel Dan Prokes

Dengan dibukanya kawasan wisata ujung kulon, pihaknya berharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun daerah. Selain itu, pihaknya pun mengimbau bagi wisatawan yang datang untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Agar petugas aman, pengunjung aman. Jadi mari kita sama-sama mematuhi protokol kesehatan agar tidak menimbulkan penularan di objek wisata TNUK," pungkasnya.

Baca Juga: Wisata Ranu dengan Wahana Terapi Ikan Bisa Sembuhkan Stroke



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.