Kompas TV bisnis perbankan

BI Pertahankan Suku Bunga 3,5% dan Perkuat Digitalisasi Pembayaran

Senin, 31 Mei 2021 | 12:24 WIB

KOMPAS.TV - Rapat dewan gubernur Bank Indonesia memutuskan untuk mempertahankan BI 7 days reverse repo rate tetap di 3,5 persen.

Bank Indonesia juga menilai ketidakpastian pasar keuangan global belum sepenuhnya reda.

Meski sudah ada tanda perbaikan ekonomi di Amerika Serikat dan juga Tiongkok, namun akan ada divergensi pemulihan ekonomi di negara berkembang, terutama India dimana kasus Covid-19 masih terus meningkat.

Bank Indonesia juga terus mengoptimalkan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial akomodatif serta mempercepat digitalisasi sistem pembayaran Indonesia untuk memperkuat upaya pemulihan ekonomi nasional.

Dari sektor perbankan per 1 Juli, dalam rangka mendukung transmisi kebijakan suku bunga dan efisiensi transaksi nontunai, BI menurunkan batas maksimum suku bunga kartu kredit dari 2% menjadi 1,75% per bulan.

BI juga mencatat Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) perbankan telah menurun sebesar 174 BPS (YOY) menjadi 8,9% pada maret 2021.

Namun sayangnya penurunan siginifikan belum terjadi di suku bunga kredit baru.

Kelompok bank pembangunan daerah, bank swasta nasional, dan bank BUMN mencatatkan penurunan suku bunga kredit baru yang masih sangat rendah yaitu masing masing sebesar 34 BPS (YOY), 52 BPS (YOY) dan 55 BPS (YOY).

Sementara bank asing mengalami penurunan suku bunga kredit baru paling signifikan yaitu sebesar 158 BPS (YOY).

BI juga terus mempercepat digitalisasi sistem pembayaran dan akselerasi transaksi digital.

Nilai transaksi uang elektronik pada April 2021 mencapai Rp 22,8 triliun atau tumbuh 30,17% (YOY).

Sementara nilai transaksi digital banking tumbuh 46,36% (YOY) hingga mencapai Rp 3.114,1 triliun.

Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan komite stabilitas sistem keuangan (KSSK) termasuk melalui implementasi paket kebijakan terpadu KSSK guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait juga terus diperkuat untuk mendorong penurunan suku bunga kredit perbankan dan meningkatkan kredit pembiayaan kepada dunia usaha pada sektor-sektor prioritas.

Penulis : Reny Mardika

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:00
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19