Kompas TV video sinau

5 Tanaman Dapur Multifungsi, Ampuh Usir Bau Tak Sedap

Kompas.tv - 31 Mei 2021, 18:01 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Menghabiskan waktu dengan berkutat di dapur dengan memasak atau membersihkan alat masak yang kotor, bisa jadi alternatif memanfaatkan kegiatan di waktu luang.

Agar kegiatan di dalam dapur tak membosankan, tidak ada salahnya memelihara tanaman-tanaman khusus.

Selain menambah keindahan jika diletakkan di tengah-tengah ruang dapur, tanaman ini juga berfungsi untuk menyaring udara, serta mengusir bau tak sedap dari residu proses memasak.

Melansir The Spruce, berikut lima tanaman multifungsi yang cocok diletakkan di area dapur:

1. Philodendron

Philodendron adalah tanaman dari suku Araceae. Memiliki banyak spesies, Philodendron banyak dipuja karena keindahan bentuk dan warna-warni daunnya.

Sebagai tanaman hias, Philodendron bisa diletakkan di dalam pot, di sudut-sudut ruang dapur.

Philodendron termasuk tanaman hias yang mudah dipelihara, karena tidak memerlukan terlalu banyak sinar matahari. Selain itu, Philodendron juga efektif untuk menyaring udara.

2. Tanaman bahan penyedap

Jenis tanaman ini bisa pula disebut tanaman herbal. Mint, parsley, rosemary, basil, oregano, thyme, dan cilantro adalah beberapa jenis yang cocok diletakkan di sudut dapur yang mendapatkan cukup banyak asupan sinar matahari.

Tanaman ini juga bagus untuk menyaring udara, dan wangi dari aroma dedaunannya bisa mewangikan dapur.

3. Sukulen

Warna-warni dari sukulen bisa mempercantik dapur yang biasanya sumpek dengan peralatan memasak. Selain itu, sukulen juga bisa menyaring udara dengan efektif.

4. Lili paris

Tanaman ini bisa ditempatkan di pot-pot gantung untuk menghiasi dapur. Lili paris dapat tumbuh di media tanah yang baik tanpa terkena sinar matahari secara langsung.

Ketika terkena panas matahari secara langsung dalam waktu lama, daunnya bisa terbakar dan menguning.

5. Kopi

Tanaman kopi bisa memproduksi banyak oksigen dan menyaring udara. Tanaman kopi harus ditumbuhkan di sudut yang terkena sinar matahari dan disiram secara rutin agar tidak cepat layu.(*)

Grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x