Kompas TV nasional peristiwa

Ini Kata BPPTKG Soal Viral Foto yang Diduga Meteor Jatuh di Puncak Merapi

Kompas.tv - 29 Mei 2021, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kilatan cahaya di atas puncak Gunung Merapi terlihat dari CCTV Megadata di Kalitengah Kidul, Yogyakarta.

Kilatan cahaya ini diduga sebagai meteor jatuh.

Seorang fotografer bernama Guntoro Song juga berhasil menangkap momen ini. Ia berhasil mengabadikan kilatan cahaya di puncak Gunung Merapi. Ia mengambil foto ini dari Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta pada Kamis, 27 Mei 2021 pukul 23.07 WIB.

Sementara itu, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi membenarkan adanya kilatan cahaya di Gunung Merapi pada 27 Mei 2021 pukul 23.08 WIB.

"Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," tulis BPPTKG di akun Twitternya (28/5/2021).

Namun, pihaknya tak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar tersebut.

"Salah satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar tersebut," tulis BPPTKG.

Menurut rilis BPPTKG, tidak ada dampak signifikan terhadap aktivitas vulkanik Gunung Merapi, seusai jatuhnya dugaan benda langit itu.

Masyarakat pun diimbau untuk tak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber terpercaya.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x