Kompas TV video cerita indonesia

Bunker Jepang Saksi Bisu Perang Dunia Ke 2 Di Balikpapan

Kompas.tv - 29 Mei 2021, 01:13 WIB
Penulis : Herwanto

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV – Kota Balikpapan sebagai kota yang dikenal dengan suasana kondusif, dulunya merupakan salah satu kawasan pertempuran perang dunia ke 2.

Sisa sisa peninggalan sejarah perang dunia kedua di kota Balikpapan masih bisa terlihat jelas di sejumlah titik, salah satunya di jalan Persatuan, Rt 32 kelurahan Manggar, kecamatan Balikpapan Timur. Di kawasan ini dapat dengan mudah untuk menemukan peninggalan bersejarah perang dunia kedua, salah satunya bunker, yang mejadi tempat persembunyian saat perang.

Bunker ini digunakan serdadu jepang saat menguasai kota Balikpapan, dan untuk menahan gempuran dari sekutu saat melakukan invasi militer. Penjaga bungker, Siti saturah menuturkan salah satu bungker berada di samping rumahnya.

Menurut Siti Saturah wanita berusia setengah abad lebih ini di percayakan sebagai penjaga bunker yang bertepatan di perkarangan samping rumahnya. Dirinya tak mengetahui secara pasti sejarah yang ada di kawasan bunker.Dirinya hanya di minta pemerintah kota Balikpapan untuk merawat bunker sejak tahun 70 an silam dengan iming iming dana pembinaan dan perawatan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x