Kompas TV regional berita daerah

Usai Shalat Gerhana, Warga Pekalongan Makan Nasi Megono Bersama

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 21:34 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Gerhana bulan total terjadi sejak pukul 18:14 hingga pukul 18:25 WIB, Rabu (26/5/2021). Sebagian muslim di di Indonesia melakukan shalat gerhana sesuai dengan perintah agama. 

 

Seperti di Masjid Al Ikhsan Podo Sugih Kota Pekalongan Jawa Tengah ini. Jamaah khusyuk mendengarkan lantunan ayat suci Alquran oleh imam dan mengikuti setiap gerakannya. Pasca shalat gerhana berjamaah untuk melestarikan kuliner khas Pekalongan, para jamaah disuguhi hidangan nasi megono, tempe mendoan dan teh anget yang dinikmati secara bersama di selasar masjid.

 

Hal ini juga sebagai langkah untuk saling mengenal dan mempererat tali persaudaraan sesama muslim. Jamaah pun mengaku senang karena tak hanya beribadah shalat gerhana namun bisa merasakan kuliner khas pekalongan secara gratis.

 

Tubagus salah seorang takmir masjid mengatakan, shalat gerhana bersifat sunnah atau tidak wajib. Sebagian muslim akan mengerjakan shalat gerhana secara berjamaah. Gerhana adalah gfenomena alam akibat posisi matahari bumi dan bulan sejajar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x