Kompas TV regional berita daerah

Komunitas Astronomi Edukasi Warga Soal Gerhana Bulan

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 19:14 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Komunitas astronomi di Jember Jawa Timur menyediakan teropong untuk membantu warga melihat langsung fenomena gerhana bulan. Mereka juga memberikan edukasi kepada tentang fenomena alam tersebut.

Fenomena gerhana bulan total merah menarik perhatian komunitas astronomi di Jember Jawa Timur. Mereka pun berkumpul di Alun-alun Kota Jember pada Rabu malam (26/05/2021) untuk menyediakan teropong dan memberikan edukasi kepada warga.

Baca Juga: BMKG Lakukan Pemantauan Gerhana Bulan

Meski detik detik gerhana bulan total merah tertutup awan mendung dan terganggu lampu kota, namun mereka tetap antusias mengajak masyarakat menikmati gerhana bulan dengan menggunakan teropong.

Mereka juga memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa gerhana bulan total merah terjadi karena cahaya matahari melewati atmosfer terlebih dahulu sebelum sampai ke bulan sehingga bulan hanya bisa memantulkan panjang gelombang merah.

Baca Juga: Ratusan Rumah Terdampak Banjir Rob Pasca Gerhana Bulan Total

Salah satu anggota komunitas astronomi Jember, Hair Linda mengatakan bahwa edukasi gerhana bulan penting dilakukan untuk menghilangkan mitos dan pandangan klasik masyarakat awan.

 

#GerhanaBulan #Astronomi #Teropong #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.