Kompas TV nasional politik

Soal Koalisi dengan Gerindra di Pilpres 2024, Ini Kata PDI Perjuangan

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 18:40 WIB
soal-koalisi-dengan-gerindra-di-pilpres-2024-ini-kata-pdi-perjuangan
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menerima lagu sungkem yang diciptakan Didi Kempot untuk Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Selasa (26/5/2020) (Sumber: Dok PDI-P)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) merespons positif soal kemungkinan koalisi dengan Partai Gerindra di Pilpres 2024. 

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto merespons pernyataan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani soal peluang koalisi di Pilpres 2024.

“Pernyataan dari Mas Muzani mungkin karena melihat bagaimana kedekatan hubungan antara Pak Prabowo dan Ibu Megawati," kata Hasto dalam diskusi politik yang digelar Lembaga Kajian Para Syndicate, Jumat (28/5/2021).

"Karena selain aspek ideologi, faktor kedekatan kultural, kedekatan organisasi, kedekatan basis masa, kedekatan dari aspek strategi untuk memperluas basis masa itu juga akan menjadi pertimbangan,” tambah Hasto.

Selain dengan Partai Gerindra, Hasto Kristiyanto mengatakan PDI Perjuangan juga terbuka untuk melakukan koalisi dengan sejumlah partai. Antara lain, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Baca Juga: Gerindra Ungkap Peluang Prabowo Subianto Maju Pilpres 2024 Bersama PDI Perjuangan

“(Koalisi dengan -red) Gerindra terbuka, PAN, apalagi sudah enggak ada Amien Rais, PPP, PKB,” kata Hasto.

Sementara dengan Partai Demokrat yang kini dipimpin oleh Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono, Hasto mengatakan, PDI Perjuangan tidak bisa berkoalisi dengan Partat Demokrat karena memiliki karakter yang berbeda.

“Dengan Demokrat berbeda, basisnya berbeda, partai elektoral. Kami adalah partai ideologi, tapi kami juga bertumpu pada kekuatan massa,” jelas Hasto.

Tidak hanya dengan Partai Demokrat, Hasto menuturkan PDI Perjuangan juga tidak bisa untuk berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Baca Juga: Prabowo Subianto Minta Kader Partai Gerindra Sabar Soal Pilpres 2024

“Kerja sama politik itu basisnya harus ideologi. PDI Perjuangan berbeda dengan PKS karena basis ideologinya berbeda, sehingga sangat sulit untuk melakukan koalisi dengan PKS, saya tegaskan sejak awal,” ujarnya.

Pemilihan Presiden sesuai jadwal baru akan digelar pada 2024. Meski demikian, sejumlah partai sudah terlihat mempersiapkan diri untuk bertarung di Pilpres 2024.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x