Kompas TV bisnis bumn

Selamatkan Garuda Indonesia, Serikat Karyawan Tawarkan Opsi Lain

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 18:36 WIB
selamatkan-garuda-indonesia-serikat-karyawan-tawarkan-opsi-lain
Pesawat Garuda Indonesia (Sumber: instagram @garuda.indonesia)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) mengatakan, pihaknya memiliki opsi lain untuk bantu selamatkan keuangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (GIAA). 

Tommy Tampatty selaku Ketua Harian Sekarga mengatakan opsi yang ditawarkan oleh pihak internal sekretariat bernama Opsi Penyelamatan Garuda Merah Putih Nasional  NKRI. 

Opsi ini berlandaskan komitmen untuk selamatkan Garuda Indonesia yang menjadi satu-satunya flag carrier Indonesia dan merupakan aset bagi bangsa.

"Menyelamatkan Garuda Indonesia adalah tugas seluruh anak bangsa, perjalanan GIAA tidak terlepas dari perjalanan bangsa ini, GIAA adalah satu-satunya flag carrier sekaligus aset bangsa," kata Tommy pada konferensi pers Serikat Bersama PT Garuda Indonesia di Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Sebelumnya, sempat beredar empat opsi dari pihak pemerintah untuk selamatkan keuangan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Baca Juga: Serikat Karyawan Garuda Indonesia; Kami tidak Menerima dan Menolak Program Pensiun Dini

Opsi pertama yakni terus mendukung Garuda Indonesia melalui pemberian pinjaman/suntikan ekuitas. Catatannya, berpotensi meninggalkan Garuda dengan utang warisan yang besar yang akan membuat situasi yang menantang di masa depan.

Opsi kedua yakni menggunakan hukum perlindungan kebangkrutan untuk merestrukturisasi Garuda Indonesia. Yakni menggunakan legal bankruptcy process untuk merestrukturisasi kewajiban. Misalnya utang, sewa, kontrak kerja.

Opsi ketiga yaitu merestrukturisasi Garuda dan mendirikan perusahaan maskapai nasional baru. 

Opsi keempat, Garuda dilikuidasi dan sektor swasta dibiarkan untuk mengisi kekosongan. Catatannya, Indonesia tidak memiliki national flag carrier.

Terkait empat opsi tersebut, Tommy mengatakan pihaknya sudah mempelajari seluruh opsi yang ditawarkan. 

Jika terpaksa memilih, pihak Sekarga memilih opsi pertama yakni terus memberi dukungan kepada GIAA. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x