Kompas TV regional berita daerah

Bupati & Ketua DPRD Karangasem Serahkan Bantuan Pembangunan Pura Kahyangan

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 16:21 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Karangasem, KOMPAS.TV - Bertepatan Sasih Purnama Sadha Rabu Kemarin Bupati Karangasem I Gede Dana, Didampingi Ketua Dprd Karangasem I Wayan Suastika Dan Sekda Karangasem I Ketut Sedan Merta Melakukan Peletakan Batu Pertama Di Pura Kahyangan Jagat ,Taman Sari Besakih Pasar Agung, Di Banjar Adat Badeg Tengah, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Untuk Melanjutkan Pembangunan Pura Tersebut Yang Selama Ini Masih Terbengkalai Karena Ke Kurangan Dana.

Peletakan Batu Pertama Diawali Dengan Persembahyangan Bersama Dipupuk Ida Empu Jayanti  Dari Griya Dukuh Badeg. Selain Melakukan Peletakan Batu Pertama Gede Dan Suastika Yang Juga Merupakan Kader PDI Perjuangan Tersebut Juga Menyerahkan Bantuan Keuangan Khusus Kepada Desa Sebudi Sebesar 1,5 Miliar Untuk Melanjutkan Pembangunan Pura Tersebut.

Rencana Mengawali Pembangunan Akan Dilakukan Dengan Membangun Gedung Penuyimpena, Bale Gong Dan Penyengker Pura Taman Sari Besakih Pasar Agung.  Menurut Bedesa Adat Badeg Tengah Pura Taman Sari Besakih Pasar Agung Sudah Ada Sejak Lama Namun Karena Saat Erupsi Gunung Agung Pada Tahun 1963 Hancur Tersapu Lahar, Sehingga Masih Tersisa Hanya Bataran Banguna.

Namun Pada Tahun 2003 Ada Beberpa Donatur Dana Untuk Perbaikan Pura Tersebut Sampai Saat Ini. Sementara Pelinga Ida Bhatara Masih Utuh Karena Di Sungsung Di Desa Adat Dan Prasasti Ditemukan Di Pura Pasar Agung.

Diharapkan Pembangunannya Semua Dapat Diselesaikan Tahun Ini Sehingga Nantinya Dua Tahun Kemudian Agar Bisa Digelar Upacara Besar.

#purakahyangan #bupatikarangasem #1,5milyar

Share dan Subscribe channel Youtube kami di Kompastvdewata
......
......
Sosial media Facebook DI Kompastv Dewata Bali 
.....
.....
Instagram @Kompastvbalidewata
.....
.....
Saksikan tayangan lengkap kami di Televisi channel 23 UHF KompasTV dewata setiap hari di jam 05.30 WITA - 08.00 WITA

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x