Kompas TV video sinau

Pengertian IHSG dan Fungsinya untuk Investor Saham

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 19:54 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Istilah IHSG sudah tidak asing lagi bagi investor saham. Untuk investor saham pemula, harus paham mengenai IHSG.

Apa itu IHSG?

IHSG kependekan dari Indeks Harga Saham Gabungan, dan menjadi salah satu indeks saham yang dimiliki Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pengertian indeks saham sendiri adalah ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu.

Jadi, IHSG adalah indeks yang mencakup pergerakan harga seluruh saham biasa dan saham preferen yang tercatat di BEI.

Indeks saham dapat digunakan untuk menjadi tolak ukur kinerja pasar modal dan produk investasi. Tolak ukur ini menjadi informasi penting sebelum investor masuk ke dalam perdagangan pasar modal. Karena menjadi tolak ukur apakah pasar modal yang dituju dalam kondisi sehat atau tidak.

Untuk melihat kinerja pasar modal Indonesia secara umum, maka IHSG yang menjadi acuan. Perhitungan IHSG dilakukan setiap hari, yaitu setelah penutupan perdagangan setiap harinya.

Selain IHSG, ada puluhan indeks saham di BEI yang bisa dipantau, seperti: IDX80, LQ45, IDX BUMN20, dan lainnya.

Video editor: Agung

Baca Juga: IHSG Minim Sentimen, Investor Tunggu Hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.