Kompas TV internasional kompas dunia

Badan HAM PBB Lakukan Investigasi Kejahatan Perang di Konflik Israel-Palestina, Netanyahu Kesal

Kompas.tv - 28 Mei 2021, 10:10 WIB
badan-ham-pbb-lakukan-investigasi-kejahatan-perang-di-konflik-israel-palestina-netanyahu-kesal
Ledakan di Gaza yang disebabkan serangan udara Israel, Kamis (13/5/2021). Saat ini diperkirakan lebih dari 139 warga Palestina tewas karena serangan negara Zionis itu (Sumber: AP Photo/Hatem Moussa)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

JENEWA, KOMPAS.TV - Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) PBB telah memilih untuk melakukan investigasi atas kejahatan perang yang terjadi selama konflik Israel dan Palestina.

Voting yang dilakukan pada Rapat Dewan HAM PBB Kamis (27/5/2021), menghasilkan 24 suara menyetujui investigasi, dan sembilan lainnya menolak.

Resolusi untuk melakukan investigasi terhadap kejahatan perang pada konflik Israel-Palestina sebelumnya diapungkan oleh negara Muslim.

Delegasi Pakistan dan Organisasi Konferensi Islam (OIC) mengajukan resolusi tersebut dan meminta adanya komisi penyelidikan permanen yang dibentuk untuk melaporkan pelanggaran hak di Israel, Tepi Barat dan Gaza.

Baca Juga: Pemimpin HAM PBB Sebut Serangan Israel ke Gaza Bisa Dikategorikan Kejahatan Perang

Meski begitu, Amerika Serikat (AS), yang merupakan sekutu Israel, menegaskan keputusan tersebut terancam membahayakan perkembangan membawa perdamaian di wilayah tersebut.

Hal ini menyusul serangan Israel ke Gaza yang menewaskan setidaknya 242 orang.

Selain itu juga disebabkan serangan roket yang dilakukan Hamas ke Israel, yang menewaskan 13 orang.

Penyerangan tersebut menyusul tensi tinggi Israel-Palestina di Yerusalem Timur, yang memuncak setelah bentrokan di Masjid Al-Aqsa, serta perampasan tempat tinggal keluarga Muslim di Sheikh Jarrah oleh pemukim Yahudi.

Baca Juga: Janji Pemimpin Hamas, Tak Akan Sentuh Dana Bantuan Internasional untuk Pemulihan Gaza 1 Sen pun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.