Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Bandara Soedirman di Purbalingga Siap Beroperasi

Kompas.tv - 27 Mei 2021, 15:10 WIB
bandara-soedirman-di-purbalingga-siap-beroperasi
Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jawa Tengah, siap beroperasi mulai Juni 2021. Pengelolaan bandara yang mengambil rute selatan Jawa ini akan dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero). (Sumber: Kompas.id/ ARSIP PT ANGKASA PURA II (PERSERO) )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, siap beroperasi pada awal Juni 2021.

Sejumlah aspek administrasi dipersiapkan untuk menopang operasi bandara, seperti penerbitan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor KP 98 Tahun 2021 tertanggal 22 April 2021 yang menetapkan secara resmi pengelolaan Bandara Jenderal Besar Soedirman berada di bawah PT Angkasa Pura II atau PT AP II (Persero).

”Dokumen mandatori tersebut adalah Airport Security Programme, Aerodrome Manual, Emergency Plan Document, Safety Management System Manual, Safety Risk Assessment, dan SOP Airside Operation,” jelas Presiden Direktur PT AP II Muhammad Awaluddin di Jakarta, Kamis (26/5/2021), dilansir dari Kompas.id.

Dalam rangka persiapan operasional, Muhammad Awaluddin juga telah bertemu dan berkoordinasi dengan Panglima Komando Operasi TNI AU II Marsda TNI Minggit Tribowo.

Baca Juga: Selama Pembatasan Penerbangan, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Layani 103.012 Penumpang

Bandara Jenderal Besar Soedirman merupakan bandara penunjang penerbangan bagi wilayah sekitar, antara lain, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Wonosobo.

”Penerbangan komersial di wilayah kabupaten dan kota tersebut dibuka perdana dengan adanya Bandara Jenderal Besar Soedirman. Dengan kata lain, bandara ini merupakan pelopor konektivitas penerbangan komersial di wilayah tersebut,” kata Awaluddin.

Adapun, pemangku kepentingan yang juga mendukung operasional bandara adalah ground handling, Pertamina, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes), BMKG, AirNav Indonesia, dan maskapai Citilink hingga penyedia transportasi moda darat.

 "Citilink menyambut positif dan mendukung rencana operasional penerbangan komersial di Bandara Jenderal Besar Soedirman," ujar Direktur Utama Citilink Juliandra Nurtjahjo.

Selain itu, Direktur Utama AirNav Indonesia M Pramintohadi Sukarno menyatakan kesiapan AirNav Indonesia.

”Kami sudah menyiapkan prosedur, SDM dan safety assesment untuk layanan navigasi bandara ini. Semuanya baik dan siap mendukung pengoperasian bandara Jenderal Besar Soedirman yang rencana dioperasikan pada awal Juni 2021,” kata Pramintohadi.

Baca Juga: Diduga Mengandung Racun, 14 Warga Purbalingga Keracunan Usai Santap Sahur dengan Menu Sate Ayam

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x